Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Piala Presiden 2019, Persib Jadi Tuan Rumah hingga Guyuran Hadiah

Abdul Muhaemin
Ilustrasi.*/CANVA
Ilustrasi.*/CANVA

GELARAN turnamen pra-musim Piala Presiden akan kembali dihelat pada awal Maret 2019, kompetisi yang mulai diadakan sejak 2015 yang lalu ini akan menjadi ajang persiapan sekaligus mengukur kekuatan komposisi klub yang berlaga di kompetisi sepak bola Indonesia, khususnya Liga 1.

Pada Piala Presiden 2019, Kota Bandung kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dengan menggunakan Stadion Si Jalak Harupat sebagai venue pertandingan. Kesempatan bertindak sebagai tuan rumah ini tentunya tidak ingin disia-siakan oleh tim Persib Bandung.

Klub berjuluk Maung Bandung tersebut tergabung didalam Grup A bersama Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan PS Tira Persikabo. Bahkan Piala Presiden 2019 yang akan mulai bergulir pada 2 Maret mendatang akan melakukan sepak mula atau laga pembukanya yang mempertemukan Persib Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat.  

Selain Kota Bandung ada empat kota lain yang juga akan menjadi tuan rumah dalam kompetisi yang diikuti oleh 20 tim, dengan rincian 18 tim Liga 1 serta dua tim dari Liga 2. Stadion Patriot Bekasi akan menjadi venue pertandingan bagi Grup B yang diisi oleh Bhayangkara Fc sebagai tuan rumah, Semen Padang, Bali United serta Mitra Kukar.

Sementara Stadion Moh. Soebroto Magelang akan menjadi kandang bagi PSIS Semarang yang menghuni Grup C bersama PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra. Tim PSS Sleman yang baru promosi ke Liga 1 juga mendapatkan kesempatan bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Maguwoharjo, PSS Sleman akan bertarung dengan tiga tim lainnya, Persija Jakarta, Madura United, dan Borneo Fc di Grup D.

Lalu yang terakhir adalah Kota Malang dengan Stadion Kanjuruhan sebagai kandang milik Arema Fc akan menjadi venue pertandingan Grup E, Arema Fc akan menghadapi Persela Lamongan, Persita Tangerang juga Barito Putera.

Dua puluh tim kontestan Piala Presiden yang telah dibagi kedalam lima grup tersebut akan saling bertarung dalam babak penyisihan. Nantinya lima tim peringkat teratas serta tiga tim runner up terbaik akan maju ke babak 8 besar.

Untuk babak perempat final ini, delapan tim akan diundi lawan bertandingnya sekaligus tempat berlangsungnya laga yang akan digelar di empat tempat tersebut. Adapun untuk babak semifinal dan final, pertandingan akan menggunakan format kandang dan tandang.

Hadiah miliaran

Melansir dari laman resmi PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), Piala Presiden 2019 akan memberikan hadiah tidak tanggung-tanggung. Untuk tim yang berhasil menjadi juara akan diguyur hadiah sebesar Rp 3,3 Miliar, untuk peringkat kedua sebesar Rp 2,2 Miliar serta untuk tim peringkat ketiga dan keempat dengan masing-masing mendapatkan hadiah Rp 750 juta.

Selain memberikan hadiah kepada klub yang berhasil menjadi juara, pihak penyelenggara juga akan memberikan hadiah kepada pemain hingga wasit yang terlibat. Untuk penghargaan pemain terbaik akan diberikan hadiah sebesar Rp 250 juta, pencetak gol terbanyak Rp 150 juta dan pemain terbaik Rp 150 juta. Sementara untuk wasit terbaik akan diganjar dengan hadiah sebesar Rp 50 juta.***

Bagikan: