Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

Sama dengan Mario Gomez, Miljan Radovic Keluhkan Tempat Latihan Persib

Abdul Muhaemin
PEMAIN Persib Bandung saat menjalani sesi latihan pagi di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Kamis, 24 Januari 2019. Tim asuhan Miljan Radovic itu fokus bersiap menjalani pertandingan Piala Indonesia melawan Persia Wamena Minggu, 27 Januari 2019. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN Persib Bandung saat menjalani sesi latihan pagi di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Kamis, 24 Januari 2019. Tim asuhan Miljan Radovic itu fokus bersiap menjalani pertandingan Piala Indonesia melawan Persia Wamena Minggu, 27 Januari 2019. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR

KENDATI Persib Bandung memiliki label tim profesional dengan keuangan yang sehat serta dukungan suporter yang luar biasa, tidak serta merta membuat Pangeran Biru lepas dari kritik bahkan dari pelatihnya sendiri.

Pelatih Persib Bandung saat ini, Miljan Radovic memiliki keluhan sama dengan pelatih-pelatih Pangeran Biru sebelumnya. Tim kebanggaan warja Jawa Barat ini tidak memiliki lapangan latihan tetap. 

Roberto Carlos Mario Gomez yang menjadi pelatih musim lalu, juga pernah mengeluhkan hal serupa. Bahkan pelatih berkebangsaan Argentina tersebut sempat mengancam akan meninggalkan Persib Bandung kala itu lantaran tidak adanya fasilitas latihan yang memadai untuk tim sekelas Persib Bandung.

Sampai masa kepelatihan Miljan Radovic sekarang ini, Persib Bandung masih saja berpindah-pindah tempat latihan. Bahkan beberapa tempat latihan memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Bandung.

Stadion Arcamanik, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Stadion SIDOLIG, Stadion Si Jalak Harupat, Lapangan Sabuga, hingga Lapangan Pusdikpom yang terletak di Cimahi, menjadi sederet tempat latihan Persib Bandung.

Tidak adanya tempat latihan tetap, serta fasilitas yang kurang memadai ini diakui oleh Miljan Radovic sebagai hal yang tidak baik bagi tim. Selain kualitas tempat latihan yang tidak sama, jarak ke tempat latihan juga cukup jauh.

“Itu susah ya, pasti susah untuk sepak bola. Kemarin pergi jauh (Cimahi), hari ini di sini, besok sudah ganti lagi, itu susah untuk pemain, susah untuk adaptasi, susah untuk semua,” ujar Miljan Radovic seusai memimpin latihan di Lapangan Sabuga, Kota Bandung, Jumat 8 Februari 2019.

Namun meski harus berpindah-pindah tempat latihan, Miljan Radovic mengaku sangat senang dengan semangat yang ditunjukan oleh anak asuhnya. Dia menilai semangat yang ditunjukkan oleh para pemain tersebut bisa menjadi energi positif di tengah keterbatasan yang dihadapi oleh Persib Bandung.

“Tapi mereka semua luar biasa, mereka bagus, pemain profesional 100% tidak apa-apa,” tutur pria yang pernah bermain untuk Persib Bandung dua musim lamanya itu.***

Bagikan: