Pikiran Rakyat
USD Jual 14.331,00 Beli 14.031,00 | Umumnya berawan, 23 ° C

Persib vs Persiwa, Polisi Bagikan Hadiah untuk Bobotoh

Handri Handriansyah
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

SOREANG, (PR).- Kepolisian Resor Bandung berinovasi dengan menggelar sejumlah lomba bagi bobotoh saat laga Persib vs Persiwa di Stadion Si Jalak Harupat, Senin 11 Februari 2019.

Lomba dengan hadiah menggiurkan itu dilaksanakan guna mengajak bobotoh agar menjadi suporter sepak bola yang semakin tertib dan santun.

Kapolres Bandung Ajun Komisaris Besar Indra Hermawan mengatakan, laga 32 Besar Piala Indonesia tersebut merupakan momen kembali bermainnya Persib di Bandung setelah mendapatkan sanksi usiran pada sisa laga Liga 1 edisi 2018.

"Oleh karena itu, jangan sampai ada lagi tindakan oknum suporter yang justru menyakiti Persib dan bobotoh lain," ujarnya seusai rapat koordinasi pengamanan Piala Indonesia Persib vs Persiwa di Mapolres Bandung, Jumat 8 Februari 2019.

Persib.*/DOK. PR

Indra Hermawan mengatakan, lomba yang akan digelar tersebut antara lain pemilihan bobotoh paling tertib dan santun serta lomba kreasi spanduk.

Untuk masing-masing lomba, Polres Bandung sudah menyiapkan hadiah berupa sepeda sampai uang tunai untuk pemenang peringkat ke-1 sampai ke-3.

"Untuk bobotoh paling tertib, hadiah utamanya sepeda. Untuk lomba kreasi spanduk, hadiahnya uang tunai Rp 1 juta untuk pemenang ke-1. Selanjutnya ada Rp 750.000 dan Rp 500.000 untuk pemenang ke-2 dan ke-3," tutur Indra Hermawan.

Ketatnya pengamanan laga

Terkait pengamanan laga, Indra Hermawan menegaskan bahwa kepolisian telah menyiapkan sekira 2.540 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Satpol PP. Mereka akan ditempatkan dalam empat ring area pengamanan.

Di ring 4 yang merupakan areal luar komplek SOR Si Jalak Harupat, petugas keamanan akan ditempatkan di sepanjang rute jalan menuju stadion. Di setiap sekilometer, akan ditempatkan satu mobil patroli.

Persib vs Persiwa/ARMIN ABDUL JABBAR/"PR"

Di ring 3 yang merupakan area parkir, jumlah petugas yang ditempatkan cukup banyak. Begitu pula di ring 2 atau areal depan pintu masuk stadion akan ditempatkan 14 pos pengamanan yang masing-masing berisi 10 petugas.

"Petugas di pos tersebut secara bergantian berjalan memutari stadion dari satu pos ke pos lain. Dengan begitu, semua area di depan pintu masuk terus terpantau," kata Indra Hermawan.

Begitu pula di dalam stadion, Indra Hermawan sudah menyiapkan petugas dengan rasio 1:100 dengan jumlah penonton di setiap tribun. Sementara kendaraan taktis, ambulans, dan armada pemadam kebakaran disiagakan di empat penjuru gerbang masuk kendaraan ke dalam stadion.

Meski sudah mengantisipasi segala kemungkinan, Indra Hermawan mengakui bahwa pengamanan bukan hanya tanggung jawab petugas tetapi juga tanggung jawab semua pihak termasuk panitia pelaksana dan bobotoh.

"Kita harus saling mengingatkan dan berhati-hati terhadap provoksi. Persib, bobotoh, dan tim keamanan adalah kesatuan yang tak bisa dipisahkan serta saling membesarkan satu sama lain," ujar Indra Hermawan.

Tiket dan rekayasa lalu lintas

Sementara itu, Koordinator Umum Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Budi Bram Rachman sangat mengapresiasi sambutan Pemkab Bandung dan Polres Bandung dalam gelaran laga Persib kali ini. Ia menegaskan akan ikut menjaga kondusitifas dengan mencetak jumlah tiket yang tak melebihi kapasitas stadion.

"Kapasitas Stadion Si Jalak Harupat sekira 27.000 penonton, tetapi kami hanya akan mencetak 23.000-24.000 tiket. Memang pertandingan digelar pada hari kerja, tetapi dengan sudah lamanya Persib tak bermain di Bandung, kami memprediksi akan banyak bobotoh yang ingin menyaksikan laga langsung di stadion," ujar Budi Bram Rachman.

Terkait rekayasa lalu lintas, Kasatlantas Polres Bandung Ajun Komisaris Hasby Ristama menegaskan bahwa bobotoh yang mengendarai sepeda motor hanya diperkenankan masuk lewat area stadion di gerbang Selatan. "Mobil masuk lewat gerbang tengah (utama) dan gerbang utara (di depan pintu tol soroja) jika perlu, bus dan kendaraan besar hanya bisa masuk lewat gerbang utara," ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur umum, Hasby Ristama mengimbau bobotoh dari luar kota untuk menggunakan akses jalan tol Soroja.

Ruas tersebut juga dinilai lebih nyaman untuk bobotoh karena gerbang tol Kutawaringin Timur langsung berseberangan dengan gerbang utara kompleks SOR Si Jalak Harupat.***

Bagikan: