Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 27.5 ° C

Miljan Radovic Ingin Terapkan Gaya Tiki Taka di Persib?

Abdul Muhaemin
MILJAN Radovic.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
MILJAN Radovic.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

KEHADIRAN Miljan Radovic yang ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung menggantikan Roberto Carlos Mario Gomez membawa angin segar bagi klub berjuluk Maung Bandung tersebut. Miljan Radovic yang pernah membela Persib Bandung dan berasal dari Eropa berupaya melakukan taktik dan gaya permainan sepak bola modern di skuad Persib Bandung.

Asisten pelatih Persib Bandung Budiman Yunus mengatakan bahwa Miljan Radovic ingin coba menerapkan taktik bermain sepak bola dari kaki ke kaki, dan bola-bola pendek. Selain itu cara permainan yang cepat dan pressing yang ketat menjadi gaya permainan dari Persib Bandung dibawah pelatih Miljan Radovic.

Formasi 4-3-3 diakui Budiman Yunus menjadi skema yang disukai oleh Miljan Radovic dengan mengandalkan kecepatan pemain. Untuk mempersiapkan skema Miljan Radovic ini, Budiman Yunus mengakui bahwa skema dan taktik tersebut lebih banyak melibatkan pemain muda. Namun tidak menutup pintu untuk para pemain senior.

“Dia (Miljan Radovic) pingin pemain ini lebih aktif menyerang, pressing diatas, main bola pendek, cepat. Dia dengan formasi 4-3-3 yang diinginkan pemain-pemain dengan kecepatan dan mau kerja keras. Pemain senior juga kalau emang mau kerja tidak masalah, yang penting dia bisa menjaga kondisi fisik dan mau kerja di lapangan,” ujar mantan pelatih Persib U-19  tersebut di Sosi Universe, Kota Bandung, Kamis 17 Januari 2019.

LATIHAN perdana Persib di bawah kepelatihan Miljan Radovic, Senin 14 Januari 2019 di Stadion Arcamanik, Kota Bandung.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Tiki taka butuh kebugaran ekstra

Untuk mendukung taktik dan gaya permainan yang diinginkan Miljan Radovic dengan mengandalkan bola-bola pendek dan permainan cepat, Budiman Yunus tidak menampik bahwa hal tersebut membutuhkan kebugaran fisik ekstra serta para pemain-pemain yang prima.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Budiman Yunus mengatakan pelatih fisik Yaya Sunarya sudah mempersiapkan program yang akan dilahap para pemain di menu latihan Persib Bandung. Para punggawa Persib Bandung akan mendapatkan porsi latihan sebanyak dua kali sehari, pagi untuk kebugaran fisik dan sore lebih kepada taktik.

“Kita sekarang lagi menaikan kondisi fisiknya, ada pelatih fisik dan tugas pak Yaya itu. Kita satu hari dua kali, pagi-pagi lebih menekankan pada kondisi fisik, sorenya ke taktik,” tutur Budiman Yunus.

Persib Bandung sendiri telah memulai latihan perdana pada Senin 14 Januari yang lalu, dalam latihan perdana tersebut para pemain anyar yang didatangkan Persib Bandung telah ikut berlatih, namun masih ada beberapa pemain yang belum nampak dalam latihan dan diprediksi akan segera bergabung dengan para pemain lainnya.***

Bagikan: