Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 23.6 ° C

Tak Ada Tempat Aman di Persib Tahun 2019

Arif Budi Kristanto
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Pengamat sepak bola yang juga merupakan mantan gelandang andalan Persib Yudi Guntara menilai, perekrutan Frets Butuan, Erwin Ramdani, dan Abdul Aziz Lutfi Akbar merupakan keputusan tepat yang diambil Persib untuk memperkuat tim.

Menurut Yudi Guntara, ketiga pemain yang dari sisi usia masih relatif muda tersebut menjadi jawaban untuk mengatasi kelemahan Persib musim lalu, yakni disparitas yang terlalu jomplang antara skuat inti dan pelapis.

"Saat ditangani Mario Gomez, Persib sudah bermain sangat bagus, komposisi tim utamanya juga kuat. Sayangnya, ketika pemain utama ada yang absen, misalnya Gozali Siregar, Febri Hariyadi, Jonathan Bauman, atau Dedi Kusnandar, stabilitas tim terganggu. Soalnya, kualitas pemain tim inti dan pelapis cukup jauh berbeda. Eka Ramdani, Airlangga Sutjipto, atau pemain sayap lain yang jadi opsi dari bangku cadangan tidak bisa banyak membantu menjaga stabilitas permainan," kata Yudi Guntara.

Menutupi kekurangan

Masuknya Frets Butuan, Abdul Aziz, dan Erwin Ramdani, dinilai Yudi Guntara bakal menutupi kekurangan Persib musim lalu.

Di mata Yudi Guntara, dengan kecepatan, energi, dan militansi yang ditunjukkan saat berkostum PSMS Medan, ketiga pemain itu akan memberikan tambahan kekuatan bagi Persib.

FRETS Butuan.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Dengan kecepatan dan agresivitas saat beroperasi di sektor sayap kiri, Frets Butuan akan bisa menutupi celah yang ditinggalkan Febri Hariyadi. Maklum, Febri Hariyadi sering bolak-balik memperkuat Timnas. Selain itu, permainan Febri Hariyadi juga masih tidak konsisten.

Sama seperti Frets Butuan, Erwin Ramdani juga menawarkan kecepatan dan eksplosivitas, terutama di sektor sayap kanan.

Selain menyisir sisi lapangan, Erwin Ramdani juga bisa mendongkrak agresivitas penyerangan dengan menjalankan peran gelandang serang.

Kehadiran Abdul Aziz akan menambah opsi di sektor gelandang Persib usai kepergian Oh In-kyun dan Eka Ramdani. Bahkan, Yudi Guntara menilai, dengan daya jelajah dan usia muda, Abdul Aziz akan memberikan kontribsi lebih signifikan untuk sektor vital permainan tersebut.

"Ketiga pemain itu, menurut saya, punya potensi luar biasa karena masih muda, pekerja keras di lapangan, daya juangnya bagus kalau melihat di PSMS. Bukan tidak mungkin, mereka akan menjadi pesaing bagi Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, Dedi Kusnandar, atau Supardi untuk mengisi posisi di tim inti Persib, sangat mungkin. Saya kira persaingan internal untuk menjadi starter akan lebih kompetitif, tidak ada zona nyaman buat pemain inti sebelumnya," kata dia.***

Bagikan: