Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 21.1 ° C

Persib, Pemain Baru, dan Efek Tim Besar

Arif Budi Kristanto
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Selain energi dan militansi besar sebagai pemain yang sedang menapaki fase puncak performa, motivasi juga akan menjadi pembeda Frets Butuan , Abdul Aziz, dan Erwin Ramdani di Persib.

Mantan pemain Persib Yudi Guntara menilai, "kasus" Gozali Siregar dan Ardi Idrus, bisa saja terulang pada Frets Butuan, Erwin Ramdani, dan Abdul Aziz.

"Kita tahu, Gozali Siregar dan Ardi Idrus sebelum ke Persib itu bukan siapa-siapa, tidak mendapatkan banyak kesempatan di klub mereka sebelumnya, tapi ketika direkrut tim besar, mereka sangat termotivasi menunjukkan kemampuan dan akhirnya mendapatkan kepercayaan. Frets Butuan, Erwin Ramdani, dan Abdul Aziz juga berpotensi mengulanginya. Ketiga pemain itu berasal dari klub yang terdegradasi,” kata yudi Guntara.

GHOZALI Siregar.*/DOK. PR

PEMAIN Persib Ardi Idrus berlaga pada pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Minggu 23 September 2018.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

“Direkrut tim sebesar Persib akan membuat mereka sangat termotivasi. Apalagi Erwin Ramdani dan Abdul Aziz yang bersal dari Jawa Barat. Semua pemain asal Jawa Barat bercita-cita bermain di Persib, mereka pasti akan habis-habisan untuk bisa tampil reguler," ucap dia.

Belum selesai

Menurut dia, dengan perekrutan yang sudah dilakukan, Persib saat ini sudah memiliki kerangka tim yang sangat bagus. Tugas Persib selanjutnya adalah merekrut pemain untuk menambal posisi second striker yang ditinggalkan Jonathan Bauman, Victor Igbonefo (bek tengah), dan Oh In-kyun (gelandang).

"Meski ada pro kontra soal usia, Srdan Lopicic mungkin masih bisa diplot untuk menjalankan fungsi Jonathan Bauman, apalagi ada Esteban Vizcarra juga. Tapi untuk posisi Victor Igbonefo, masih jadi pekerjaan rumah buat lini belakang walaupun masih ada Bojan Malisic. Posisi Oh In-kyun juga harus ditambal dengan yang sepadan," ujar Yudi Guntara.

SRDAN Lopicic.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Dia menilai, dengan komposisi tim yang sementara ini ada, Persib sudah cukup kompetitif untuk bersaing di papan atas Liga 1 musim 2019. Yudi Guntara tidak sependapat jika manajemen Persib hanya mematok target masuk 4 Besar.

"Dengan kerangka tim yang ada sekarang, Persib harusnya minimal masuk 2 Besar, 2 terbaik, bukan sekadar 4 Besar. Tim sudah sangat bagus, Milijan Radovic sangat beruntung. Sekarang tinggal bagaimana Miljan Radovic membuat tim ini bekerja optimal di bawah strategi yang tepat," ujarnya.

"Coach Yaya Sunarya, saya kira juga harus memberikan peran karena di antara jajaran asisten pelatih sekarang, Coach Yayalah yang paling tahu bagaimana waktu musim lalu Mario Gomez mampu mengoptimalkan tim Persib dengan begitu bagus. Coach Yaya harus memberikan masukan, baik penilaian individu pemain maupun secara tim kepada Miljan Radovic," kata dia.***

Bagikan: