Pikiran Rakyat
USD Jual 14.403,00 Beli 14.103,00 | Umumnya berawan, 21.8 ° C

Persib Yakin Lopicic Masih Punya “Taring”

Fani Ferdiansyah
SRDJAN Lopicic.*/ANTARA
SRDJAN Lopicic.*/ANTARA

KEBERADAAN Srdan Lopicic untuk memperkuat Persib Bandung telah mengundang reaksi keras dari bobotoh. Saat diumumkan manajemen, nama Lopicic langsung “ditodong” tagar #LopicicOut dan #TolakLopicic di media sosial Twitter dan Instagram.

Umumnya, fans Persib menilai pemain asal Montenegro itu sudah “uzur”. Bobotoh juga menganggap performa Srdan Lopicic berada di bawah kelas pemain asing yang dibutuhkan Persib.

Selain faktor usia yang sudah memasuki 35 tahun, Lopicic sebelumnya juga didera persoalan cidera. Namun, semua penilaian itu dimentahkan pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Miljan Radovic menegaskan bila Lopicic masih sangat layak masuk ke dalam tim asuhannya. "Untuk formasi saya, dia bagus, dia profesional. Dia punya fisik dan bodi seperti orang muda. Di-medical test, dia seperti usia 25 tahun," kata Miljan Radovic, Kamis 10 Januari 2019.

Sehari sebelumnya, ia juga menanggapi tegas soal anggapan faktor usia yang membuat masa keemasan pesepak bola bisa kadaluwarsa. "Kamu pikir dia tua? Saya masuk di Persib umur 35 tahun. Saya tidak suka kalau orang bicara tua atau muda, di sepak bola tidak ada,” ujar Radovic.

Radovic memiliki penilaian tersendiri soal Lopicic. Apa yang diutarakan Radovic mungkin ada benarnya. Mengutip dari Footbal Tribe Indonesia, Agen Srdan Lopicic, Gabriel Budi Liminto, memberikan quote menarik untuk pemain yang dilahirkan di Cetinje, SFR Yugoslavia, itu.

“Lopicic merupakan playmaker jenius yang bermain sangat efektif dan efisien. Mobile bergerak untuk tim, passing luar biasa, set pieces spesial, dan punya naluri gol yang bagus. Ia sudah bekerja sama dengan saya selama beberapa tahun, baik di Indonesia maupun Hong Kong. Dia lebih dari sekadar pemain dan merupakan seorang sahabat,” kata Budi mendeskripsikan.

Sebelum bergabung dengan Persib Bandung, Lopicic pernah merumput di beberapa klub Indonesia, seperti Persisam Putra Samarinda, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, dan Borneo FC. Melansir transfermarkt.com, Lopicic tampil sebanyak 42 kali atau 3.771 menit di Liga 1, dengan gol sebanyak 9 kali, assist 12 kali, 7 kali kartu kuning, serta akumulasi kartu kuning dan kartu merah nihil.

Sekedar bernostalgia, Lopicic pernah membobol gawang Juventus yang dijaga Gianluigi Buffon, sewaktu berada di skuat ISL All-Stars, saat menjamu pemegang gelar juara Liga Champions dua kali itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Agustus 2014 lalu. Tembakan Raphael Maitimo dari luar kotak penalti berhasil ditangkis Buffon.

Sepak pojok pun dilangsungkan Gustavo Lopez dan Srdan Lopicic menyambut dengan sepakan kaki kirinya. Lopicic yang kala itu membela Persela Lamongan sebagai striker, sukses menyarangkan bola.

Posisi ISL All-Stars unggul sementara 1-0 atas Juventus, walau akhirnya tim asal Italia itu “menghajar” habis-habisan dengan 8 gol balasan hingga pertandingan persahabatan tersebut berakhir.

Di luar komentar “panas” seputar kehadiran Lopicic di Persib Bandung, rupanya masih ada bobotoh yang menanggapinya dengan bijak. Gugun Gunawan, seorang bobotoh Persib, meyakini bila keputusan dipilihnya Lopicic tentu telah dipertimbangkan matang oleh manajemen dan pelatih.

“Sekarang mah lihat saja dulu, kalau mainnya bagus (Lopicic) pasti nanti banyak bobotoh yang mendukung. Kan, dia saja belum datang dan gabung di Persib, baru sebatas diumumkan saja,” tutur Gugun.

Komentar bobotoh asal Jalan Pasirkoja ini mengisyaratkan untuk menunggu pembuktian, apakah kehebatan Lopicic masih ada, atau hanya tinggal kenangan.***

Bagikan: