Pikiran Rakyat
USD Jual 14.291,00 Beli 13.991,00 | Umumnya berawan, 23.9 ° C

Persaingan di Persib Ketat, Pemain Muda Harus Lebih Percaya Diri

Abdul Muhaemin
Indra Mustafa/DOK PR
Indra Mustafa/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung sebagai salah satu tim besar yang berkompetisi di sepak bola Indonesia sudah barang tentu menjadikan juara sebagai target di setiap musimnya. Untuk mencapai target yang dicanangkan tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendatangkan pemain-pemain untuk menjadi bagian dalam skema permainan klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Namun lantaran terlalu sering membeli pemain-pemain jadi, Persib Bandung masih jarang memberikan tempat bagi para pemain muda khususnya jebolan tim Persib Bandung itu sendiri. Sehingga tidak jarang para pemain muda Persib Bandung memilih untuk berkelana di klub lain guna mendapatkan jam terbang lebih.

Kendati demikian tidak sedikit pula pemain muda Persib Bandung yang berhasil memberikan pembuktian dengan penampilan yang memukau. Bahkan penampilannya tersebut dilirik oleh pelatih Tim Nasional Indonesia untuk ikut bergabung. Yang teranyar adalah tiga pemain Persib Bandung, Gian Zola, Billy Keraf dan Indra Mustafa dipanggil pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri untuk mengikuti pemusatan latihan.

Khusus untuk Gian Zola dan Billy Keraf, keduanya dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 dengan status pemain Persela Lamongan dan Borneo Fc. Dua pemain muda tersebut dipinjamkan oleh Persib Bandung. Sementara Indra Mustafa menjadi bagian Persib Bandung di musim 2018 di bawah kepelatihan Roberto Carlos Mario Gomez, meski sebenarnya lebih banyak menjadi pemain cadangan dan pelapis Bojan Malisic dan Victor Igbonefo.

Mengatahui ada beberapa pemain Persib Bandung yang dipanggil membela Timnas Indonesia U-22, legenda Persib Bandung Yudi Guntara tidak menampik bahwa Persib Bandung selalu mempunyai tradisi untuk mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia, baik di level junior maupun senior.

Jangan minder

Meski begitu, Yudi Guntara mengharapkan agar para pemain muda Persib Bandung yang dipanggil Timnas Indonesia agar bisa percaya diri, sehingga permainan bagus yang dimilikinya bukan hanya menjadi andalan kala berbaju merah putih, namun bisa turut bersaing dengan para pemain lain di Persib Bandung.

“Yang paling penting adalah percaya diri, jangan minder bermain dengan para seniornya. Apalagi Indra sekarang sudah dipanggil oleh Timnas, mudah-mudahan jejaknya seperti Febri. Febri sekarang kan sudah percaya diri bermain di tim Persib, para pemain muda harus percaya diri bermain dan mau bersaing,” katanya Kamis 10 Januari 2019.

Terkait banyaknya pemain muda Persib Bandung yang masih belum mendapatkan kesempatan bermain lalu dipinjamkan, Yudi Guntara menilai bahwa hal tersebut lebih bijak dan keputusan  yang tepat. Pasalnya, jika pemain muda tersebut di Persib Bandung hanya menjadi cadangan lebih baik dipinjamkan untuk mendapatkan jam terbang.

“Daripada di tim Persib diam saja, lebih baik mereka ada jam terbang di tim lain, bagus menurut saya,” ujarnya.***

Bagikan: