Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Sebagian cerah, 20.3 ° C

Persib Klub Populer Dunia, Posisi Pertama di Asia

Abdul Muhaemin
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

PERSIB Bandung lagi-lagi menorehkan tinta emas dan eksis di kancah sepak bola dunia. Kali ini klub berjuluk Maung Bandung tersebut masuk dalam 25 besar klub dengan komunitas digital terbesar di dunia.

Pencapaian Persib Bandung tersebut berdasarkan kepada The Global Digital Football Benchmark Study oleh media olahraga asal Jerman Result Sports.

Penelitian yang dilakukan oleh media yang berbasis di Buedingen itu secara rutin dua kali dalam setahun merilis daftar klub di dunia dengan komunitas atau pengikut terbanyak melalui beberapa platform digital.

Adapun media sosial atau platform digital yang menjadi penilaian adalah Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Sina Weibo salah satu platform digital dari Cina, dan platform digital yang lainnya.

Berdasarkan rilis yang keluar pada 4 Januari 2019 tersebut, Pesrib Bandung menempati posisi 23 dengan total pengikut 15.920.566. Facebook resmi Persib Bandung menempati posisi pertama dengan menyumbangkan total pengikut lebih dari 9 juta, Instagram lebih dari 2 juta, Twitter lebih dari 3 juta, Youtube sekitar 250 ribu pengikut dan sekitar 1.000 lebih pengikut di media sosial lainnya.

Keberhasilan Persib Bandung dalam menembus klub paling populer dengan banyaknya jumlah pengikut tentu tidak terlepas dari peran bobotoh yang tersebar di seluruh dunia. Berkat hal tersebut Persib Bandung menjadi satu-satunya klub Asia yang menembus 25 besar, unggul jauh dari klub-klub Asia yang lainnya.

null

Kalahkan klub terkenal dunia

Khusus untuk klub Asia, Al-Hilal menjadi klub Asia yang paling dekat posisinya dengan Persib Bandung. Klub dari Saudi Arabia tersebut memiliki jumlah pengikut 12 juta lebih dengan menempati posisi 28. Lalu disusul klub raksasa asal Cina Guangzhou Evergrande dengan lebih dari 7 juta pengikut.

Selain itu, Persib Bandung juga mengalahkan kepopuleran beberapa klub kenamaan dunia. AS Roma, Leicester City, Valencia, Everton dan Ajax masih berada di bawah klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut.

Sementara untuk posisi pertama Real Madrid tampil superior dengan jumlah pengikut lebih dari 242 juta, disusul oleh Barcelona di posisi kedua dengan jumlah pengikut 240 juta, serta Manchester United di posisi ketiga dengan 137 juta pengikut.

Untuk klub yang berasal dari Indonesia, hanya Persija Jakarta yang masuk dalam jajaran 60 besar. Persija Jakarta menempati posisi 55 dengan jumlah pengikut 5 juta, kalah jauh dari Persib Bandung.***

Tags
Bagikan: