Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Cerah berawan, 25.4 ° C

Koperasi Terbentuk, Bobotoh Berpeluang Punya Saham PT Persib Bandung Bermartabat

Yusuf Wijanarko
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Bobotoh berpeluang menjadi pemegang saham PT PBB (Persib Bandung Bermartabat).

Hal itu merupakan salahtu dampak dari berdirinya Koperasi Bobotoh Juara Bersama yang resmi dibentuk Senin 17 Desember 2018 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Sekretaris Daerah Jawa Barat sekaligus Ketua Koperasi Bobotoh Juara Bersama Iwa Karniwa mengatakan, manajemen PT PBB bahkan sudah memberi ruang bobotoh Persib melalui koperasi untuk memiliki saham PT PBB.

"Koperasi ini bisa jadi salah satu pemegang saham PT Persib Bandung Bermartabat. Manajemen sudah memberi ruang jadi pemegang saham," ujar Iwa Karniwa.

Menurut Iwa Karniwa, jika bobotoh menjadi bagian dari pemilik Persib, semangat kebersamaan mendukung klub kebanggaan Jawa Barat itu semakin meningkat.

"Jadi, bobotoh mendukung dengan penuh karena menjadi bagian pemilik Persib," ujarnya seperti diberitakan Prfmnews.

Sementara itu, Ketua Harian Bomber Persib Agus Setia sebagai salah satu perwakilan bobotoh bangga jika bobotoh bisa membeli saham Persib.

"Kami berusaha membentuk koperasi. Impian kami, jika sukses dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat lebih, kenapa tidak kami beli saham Persib, inginnya memang seperti itu," ujarnya.

Bobotoh Persib.*/DOK. PR

Agus menuturkan, suara bobotoh untuk merumuskan rencana kebaikan dan kemajuan Persib dan akan lebih besar jika memiliki saham di tubuh PT PBB.

"Akan lakukan terobosan inovasi karena kalau punya saham pasti punya suara, walau masih bobotoh tapi punya power, tapi kalau ada saham akan lebih signifikan," katanya.

Koperasi Bobotoh Juara Bersama akan mengelola berbagai usaha yang dijalankan para bobotoh.

Koperasi itu akan beralamat di Jalan Belimbing Nomor 18 Bandung. Kegiatan usahanya antara lain perdagangan umum, jasa, dan unit simpan pinjam.

Untuk mendapatkan legalitas hukum, Koperasi Bobotoh Juara Bersama akan segera didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Rencana lama yang menjadi nyata

Hadirnya Koperasi Bobotoh Juara Bersama diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan bobotoh dengan mengoptimalkan usaha yang selama ini sudah digeluti basis pendukung Persib, seperti konveksi atau jual beli cenderamata.

Koperasi Bobotoh Juara Bersama didirkan 33 orang dengan rincian alokasi sisa hasil usaha yaitu untuk cadangan 33 persen, anggota 33 persen, pengurus pengawas 10 persen, dana sosial 5 persen, dana pendidikan 9 persen, dan pengurus wilayah 5 persen.

"Simpanan pokok Rp 1 juta setiap orang. Pengurus dibayarkan sekaligus, kalau yang lain bisa dicicil 20 kali," ujar Iwa Karniwa.

"Pokok pendirian ini sudah tuntas, sepakat dan sedang diproses lebih lanjut dengan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM ," ujar Iwa karniwa.

Dia mengatakan, siapa saja boleh menjadi anggota koperasi selama terdaftar sebagai anggota bobotoh dengan menunjukkan kartu anggota.

Iwa karniwa mengklaim, potensi anggota koperasi cukup besar sebab Viking Persib Klub saja punya 2,2 juta anggota dan Bomber 150.000.

Ketua Viking Persib Club Heru DJoko mengapresiasi terbentuknya koperasi bobotoh. Pasalnya, sudah sejak dua tahun lalu dia mendambakan hal ini.

"Ini semua bersatu, alhamdulillah di Jabar, bobotoh dan stakeholder, ada peran Pak Iwa Karniwa, Pak Umuh Muchtar, dan Pak Farhan. Semoga pertemuan rencana membentuk koperasi bobotoh itu bermanfaat untuk semuanya," ucap Heru Djoko.

Dia juga berharap, hadirnya koperasi bisa meningkatkan kesejahteraan bobotoh. Ia menargetkan, Koperasi Bobotoh Juara Bersama juga bisa ikut menggerakan bobotoh untuk memajukan Persib.***

Bagikan: