Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 23.6 ° C

Lima Pelatih Asing Berkualitas yang Bisa Nakhodai Persib

Abdul Muhaemin
Pelatih Persib Bandung Mario Gomez/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
Pelatih Persib Bandung Mario Gomez/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

KEPUTUSAN berani sekaligus mengejutkan diambil oleh manajemen Persib Bandung kala memutus kontrak pelatih Roberto Carlos Mario Gomez usai menuntaskan kompetisi Liga 1. Keputusan disebut berani lantaran manajemen telah memecat Mario Gomez ketika pelatih berkebangsaan Argentina tersebut berhasil memenuhi target yang dicanangkan oleh manajemen Persib Bandung yaitu finish di posisi lima besar.

Keputusan tidak memperpanjang kontrak Mario Gomez disebut mengejutkan juga sebab Fernando Soler yang menjadi interpreter dan selama ini bertindak seperti posisi sebagai asisten pelatih telah memastikan bahwa dia dan Mario Gomez akan terus bersama Maung Bandung pada musim yang akan datang.

Sontak saja, ketika berita tentang pemecatan Mario Gomez telah bergulir dan menjadi perbincangan panas di kalangan bobotoh dan pecinta sepak bola Indonesia, apa yang dikatakan oleh Soler dalam sesi latihan terakhir bersama Maung Bandung ternyata terbantahkan. 
Dia bersama Mario Gomez harus mengakhiri kerjasama dengan Persib Bandung lebih cepat. Padahal keduanya telah dikontrak dua musim sejak awal kedatangannya ke Bandung.

Seperti yang telah banyak diberitakan, alasan manajemen Persib Bandung memilih memecat Mario Gomez lantaran dia dianggap memiliki attitude yang kurang baik sehingga berpengaruh terhadap kondisi tim. Salah satu yang diungkapkan oleh manajemen yang diwakili oleh Teddy Tjahyono adalah ketika Liga 1 mulai memasuki pekan-pekan terakhir, Mario Gomez sempat menuduh beberapa pemain Persib Bandung terlibat dalam pengaturan skor, sehingga hal tersebut terus bergulir dan menimbulkan perpecahan serta mengganggu kondusifitas internal.

Dipecatnya Mario Gomez sebagai pelatih Persib Bandung kian menimbulkan banyak spekulasi terkait siapa pelatih yang akan menjadi suksesor Mario Gomez di klub kebanggan bobotoh tersebut. Berikut ini, beberapa pelatih yang bisa menjadi pilihan manajemen Persib Bandung untuk menukangi Maung Bandung musim depan:

 

Simon Mcmenemy/INSTAGRAM SIMON MCMENEMY
 

1. Simon McMenemy

Pelatih yang satu ini menjadi salah satu nama yang santer dikabarkan menjadi kandidat untuk melatih Persib Bandung. Jika menilik pada jejak karirnya, berbagai torehan apik berhasil diciptakan oleh pria kelahiran Skotlandia tersebut.

Salah satunya adalah dengan membawa Bhayangkara Fc menjadi juara di kompetisi Liga 1 tahun 2017 yang lalu di musim pertamanya bersama klub tersebut.

Selain itu, pada tahun 2010 saat menjadi arsitek dari Tim Nasional Filipina dia sempat menjadi perhatian public usai berhasil membawa tim berjuluk The Azkals menembus semifinal Piala AFF sebelum ditumbangkan oleh Tim Nasional Indonesia. Racikan dari Simon McMenemy dalam menukangi Filipina saat itu mendapat banyak pujian dari berbagai pihak, lantaran permainan apik berhasil ditunjukan oleh Filipina.

Liga 1 musim 2018, Simon McMenemy juga berhasil menorehkan hasil apik usai membawa Bhayangkara Fc menembus posisi 3 besar Liga 1. 
Tentu dengan segudang prestasi yang diperoleh McMenemy bisa menjadi pertimbangan manajemen Persib Bandung untuk merekrutnya. Belum lagi kontrak dia dan Bhayangkara Fc telah resmi berakhir pada Desember ini.

Kiatisuk Senamuang (kiri)/DOK PR
 

2. Kiatisuk Senamuang

Nama yang satu ini sempat diisukan akan menukangi Persib Bandung di tahun 2017 lalu, sebab saat itu Persib Bandung masih tanpa pelatih usai Djajang Nurdjaman didepak dari tim karena gagal mengulangi pretasi di tahun 2014 saat menjadi juara. Pelatih yang akrab disapa Zico tersebut bahkan sempat menjadi perbincangan bobotoh dan diharapkan bisa menjadi pelatih Maung Bandung.

Namun saat itu, Zico masih berstatus sebagai pelatih Tim Nasional Thailand, sehingga harapan bobotoh harus sirna. Asa agar Kiatisuk bisa menukangi Persib Bandung kembali dipupuk oleh bobotoh yang menginginkan pelatih berkualitas.

Jika berbicara prestasi, dia menjadi salah satu pelatih yang berhasil membawa Thialand menjadi jawara di tahun 2014 dan 2016.

Kesempatan Persib Bandung untuk merekrut Kiatisuk Senamuang sangat terbuka lebar, sebab pelatih berusia 45 tahun tersebut hingga saat ini masih belum terikat kontrak dengan klub atau timnas manapun.

Alfred Riedl/DOK PR

3. Alfred Riedl

Nama pelatih yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga para pecinta sepak bola Indonesia. Alfred Riedl telah 3 kali menjadi arsitek Tim Nasional Indonesia, yaitu pada tahun 2010-2011, 2013-2014 serta pada tahun 2016.

Mengenai prestasinya di Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl telah berhasil membawa Indonesia menjadi finalis Piala AFF di tahun 2010-2011 serta pada tahun 2016.

Tentu saja torehan Riedl bersama Tim Nasionsal Indonesia menjadi salah satu catatan apik yang ditorehkan oleh skuad Garuda. Sebab Riedl sukses menyamai torehan yang dicatat oleh 3 pelatih Timnas Indonesia sebelumnya yaitu Nandar Iskandar, Ivan Kolev dan Peter White dengan membawa Timnas Indonesia menjadi Runner-up kompetisi dua tahunan tersebut.

Selain melatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl juga pernah menukangi PSM Makassar di kompetisi Liga 1 musim 2015. PSM menjadi satu-satunya tim di Indonesia yang pernah dilatih oleh pria kelahiran Austria tersebut.

Dengan segudang prestasi yang ditorehkan, pengalamannya menukangi Timnas Indonesia, serta telah mengetahui iklim sepak bola Indonesia, Alfred Riedl bisa menjadi pilihan manajemen Persib Bandung untuk mencapai target yang ingin dicapai di musim mendatang. Belum lagi, hingga saat ini Alfred Riedl masih berstatus bebas dan tidak menukangi tim manapun.

Luis Milla/ANTARA

4. Luis Milla

Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini bisa menjadi opsi lain bag manajemen Persib Bandung jika ingin mencari pelatih asing berkualitas. Jejak karir dari seorang Luis Milla tidak perlu diragukan lagi, selain pernah aktif dan mempunyai prestasi mentereng ketika masih aktif bermain, torehan apik juga dituliskannya dalam jejak karir sebagai pelatih.

Milla tercatat pernah menukangi Tim Nasional Spanyol U-19 dan U-23, selain itu Real Zaragoza juga pernah dilatih oleh dia. Dan sudah diketahui bersama, Luis Milla pernah menjadi pelatih Tim Nasional Indonesia dari tahun 2017 hingga 2018, dia berhasil membawa skuad Garuda lolos ke babak perempat final Piala Asia 2018, tentu hal ini merupakan prestasi yang cukup gemilang dalam ajang prestisius tersebut.

Namun tentu bukan hal mudah untuk mendatangkan Luis Milla ke kota Bandung, pasalnya gaji yang tinggi harus siap dipenuhi oleh Persib Bandung yang mencapai hampir 2 milyar setiap bulannya. Selain itu fasilitas-fasilitas mewah juga menjadi salahsatu syarat yang harus dipenuhi, mengingat saat menukangi Timnas Indonesia dia juga mengajukan sejumlah fasilitas yang harus dipenuhi oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Stefano Cugurra Teco/INSTAGRAM STEFANO

5. Stefano Cugurra Teco

Keberhasilan Persija Jakarta keluar sebagai juara kompetisi Liga 1 musim 2018 tentu tidak terlepas dari tangan dingin Stefano Cugurra Teco. Pelatih asal Brazil tersebut mampu membawa Persija Jakarta melepas dahaga 17 tahun lamanya dengan mempersembahkan gelar bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Bukan tidak mungkin jika Persib Bandung ingin menggunakan jasa Teco, sebab usai membawa Persija Jakarta menjadi juara, dia belum bisa memastikan apakah akan kembali menahkodai Persija Jakarta untuk mengarungi kompetisi di musim berikutnya. Selain itu, kontrak Teco juga akan berakhir pada Desember ini. Sehingga kemungkinan Teco untuk berganti klub musim depan sangat terbuka lebar.***

Tags
Bagikan: