Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 23.6 ° C

Persib Ungguli Persija di Twitter

Abdul Muhaemin
PEMAIN Persib Bandung Airlangga, berebut bola dengan pemain Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu 30 Juni 2018. Persib Bandung gagal meraih point dan harus menerima kekalahan atas Persija Jakarta 0-1.
PEMAIN Persib Bandung Airlangga, berebut bola dengan pemain Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu 30 Juni 2018. Persib Bandung gagal meraih point dan harus menerima kekalahan atas Persija Jakarta 0-1.

PERSIB Bandung bukan hanya berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lauta Api (GBLA) Bandung pada September yang lalu. Persib Bandung juga berhasil mengalahkan Persija Jakarta, namun kali ini jauh di luar lapangan sepak bola.

Dalam event #RameDiTwitter2018 akun Twitter Persib Bandung yaitu @persib menjadi salah satu akun olahraga Indonesia yang paling sering dibicarakan dengan menduduki peringkat ketiga. Sementara itu, akun Twitter pesaingnya Persija Jakarta @Persija_Jkt berada di peringkat keempat sebagai akun olahraga Indonesia yang paling banyak dibicarakan.

Akun Twitter Persib Bandung menjadi salah satu akun yang paling banyak dibicarakan tentu bukannya tanpa alasan. Setiap Persib Bandung menjalani pertandingan, hashtag #PersibDay dan yang membicarakan dan menyertakan akun Persib Bandung tidaklah sedikit dan selalu menjadi trending Twitter di Indonesia.

Bahkan belum lama ini, pengaruh bobotoh sebagai suporter Persib Bandung begitu terasa walaupun Persib Bandung tidak tengah bertanding. Pada 10 Oktober 2018, saat Timnas Indonesia akan menjalani laga persahabatan dengan Myanmar, hashtag yang biasanya muncul dan menjadi trending yaitu #TimnasDay justru tersingkir dan kalah trending dengan hashtag #MyanmarDay.

Usut punya usut hal tersebut akibat imbas dari gelombang protes yang dilancarkan oleh supporter Persib Bandung terkait sanksi yang diberikan oleh PSSI. Bobotoh merasa kecewa dengan rentetan sanksi yang diberikan kepada Persib Bandung lantaran menjadi tim yang paling memiliki peluang untuk menjadi juara saat itu.

Trendingnya hashtag #MyanmarDay sempat menimbulkan perdebatan diantara para netizen Indonesia. Sebab banyak yang menilai hashtag tersebut tidak perlu karena tidak menunjukan rasa nasionalisme terhadap bangsanya sendiri. Terlepas dari hal tersebut, tetap saja bobotoh memang memiliki kekuatan di ranah media sosial yang tidak bisa diremehkan.

Selain akun Twitter Persib Bandung dan Persija Jakarta, terdapat juga akun-akun lain yang paling sering dibicarakan oleh netizen Indonesia seperti akun @PSSI bahkan akun @MafiaWasit, berikut adalah urutannya:

1.      @BadmintonTalk

2.      @MafiaWasit

3.      @persib

4.      @Persija_Jkt

5.      @PSSSleman

6.      @BulutangkisRI

7.      @INABadminton

8.      @PSSI

9.      @SepakbolaSleman

10.  @infosuporter

Bagikan: