Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Badai petir, 23.6 ° C

Jadwal Persib vs Barito Berubah di Pekan Terakhir yang Menentukan

Abdul Muhaemin

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 melakukan perubahan jadwal terhadap beberapa pertandingan pada pekan ke-34 atau laga pamungkas di Liga 1. Salah satu jadwal pertandingan yang mengalami perubahan adalah jadwal pertandingan antara Persib Bandung vs Barito Putera.

Pertandingan antara Persib Bandung vs Barito Putera sedianya akan digelar pada Minggu, 9 Desember 2018. Namun PT LIB telah mengubah dan memajukan jadwal pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta menjadi hari Sabtu, 8 Desember 2018 yang digelar pada pukul 18.30 WIB.

Keputusan perubahan jadwal pertandingan Persib Bandung vs Barito Putera tersebut dituangkan melalui surat PT LIB bernomor 397/LIB/XII/2018 tentang Penyampaian Jadwal Pertandingan Week 34 Liga 1 2018, tertanggal 4 Desember 2018.

"Menindaklanjuti surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) Nomor 376/LIB/XI/2018 perihal Pelaksanaan Pertandingan Week 34 Go-Jek Liga 1 2018 teetanggal 27 November 2018 dan memperhatikan klasemen sementara kompetisi Go-Jek Loga 1 2018, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan jadwal pertandingan dan waktu kick-off pertandingan week 34 Go-Jek Liga 1 2018 sebagaimana terlampir," tulis surat dari PT LIB bertandatangan Risha A. Widjaya selaku Chief Executive Officer (CEO).

Perubahan jadwal pertandingan bukan hanya pada pertandingan Persib Bandung vs Barito Putera saja, beberapa pertandingan juga mengalami perubahan kick-off, antara lain laga Bhayangkara Fc vs Bali United dan Madura United vs Persela Lamongan yang juga maju menjadi Sabtu, 8 Desember 2018.

Perubahan jadwal kick-off beberapa pertandingan tersebut adalah imbas dai ketentuan regulasi Liga 1 2018, yang tertuang dalam pasal 8 ayat 3. PT LIB menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan pertandingan pekan ke-34 yang merupakan pekan terakhir tersebut harus dilaksanakan bersamaan, khususnya pertandingan yang melibatkan klub-klub dalam penentuan juara dan degradasi.

Laga Persib Bandung vs Barito Putera akan menjadi laga yang cukup menentukan juga buat Maung Bandung. Saat ini Persib Bandung menempati posisi 3 klasemen dan jika gagal memenangkan pertandingan, posisi Maung Bandung terancam dikudeta oleh rivalnya Bhayangkara Fc yang hanay berjarak 1 angka.

Pekan penentuan



Pekan ke-34 Liga 1 akan menyajikan laga-laga pamungkas dari klub-klub yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut. Dalam pekan terakhir, beberapa tim akan menghadapi laga penentuan gelar juara dan penentuan degradasi.

Untuk penentuan gelar juara, dua tim yang saat ini tengah bersaing yaitu Persija Jakarta dan PSM Makassar akan bertarung habis-habisan menghadapi laga pamungkas tersebut.

Persija Jakarta akan bertindak sebagai tuan rumah menghadapi Mitra Kutai Kartanegara di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Kedua tim diprediksi akan tampil ngotot untuk meraih kemenangan, sebab kemenangan akan menentukan nasib kedua tim di kompetisi Liga 1.

Mitra Kukar tentu tidak ingin lengah dalam menghadapi laga tersebut, pasalnya posisi klub berjuluk Naga Kemes tersebut masih belum aman dari ancaman degradasi. Mitra Kukar saat ini menempati posisi 15 klasemen sementara dengan torehan 39 poin sama dengan Perseru Serui di peringkat 16, unggul 2 poin dari PSMS Medan yang menempati peringkat 17, serta terpaut 3 angka dari PS Tira yang menempati posisi buncit 18.

Sehingga jalannya pertandingan Persija Jakarta vs Mitra Kutai Kartanegara diprediksi akan berlangsung sengit. Jika Mitra Kukar kalah, maka ancaman degradasi akan dihadapi oleh mereka. Unt

Sementara untuk Persija Jakarta, laga menghadapi Mitra Kukar akan menjadi laga hidup mati bagi skuad Macan Kemayoran. Persija membutuhkan kemenangan untuk memastikan gelar juara Liga 1.

Sebab, jika kompetitornya PSM Makassar meraih kemenangan Persija Jakarta akan tetap menjadi juara jika berhasil menumbangkan perlawanan Mitra Kukar. Saat ini Persija Jakarta unggul 1 poin dari PSM Makassar di posisi kedua.

PSM Makassar tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menjadi juara, meski saat ini kondisinya terjepit lantaran tertinggal 1 poin, PSM Makassar akan memanfaatkan statusnya sebagai tuan rumah saat menjamu PSMS Medan. Laga PSM Makassar vs PSMS Medan juga diprediksi akan panas dan ketat. Kedua tim membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang juara dan terhindar dari ancaman degradasi.

PSMS Medan yang menempati urutan dua terbawah tentu ingin terhindar dari zona degradsi dan memenangkan laga kontra PSM Makassar. Tentu jalannya pertandingan di pekan terakhir akan sangat menarik untuk diikuti. Tim mana yang akan menjadi juara dan terdegradasi akan dipastikan pada pekan penentuan tersebut.***

Bagikan: