Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 21.1 ° C

Persib vs PSMS Medan, Saat Peluang Juara Dipertaruhkan

Irfan Subhan

DENPASAR, (PR).- Laga pekan ke-30 Liga 1 saat menjalani partai usiran keempat melawan PSMS Medan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, akan menjadi momentum yang krusial bagi Persib untuk menjaga peluang meraih gelar juara.

Berkaca dari tiga partai usiran sebelumnya, Maung Bandung belum mampu meraih poin penuh.

Saat menghadapi Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Persib harus menyerah 1-2. Begitu juga saat menjamu Persebaya Surabaya di Stadion I Wayan Dipta. Maung Bandung dibuat tidak berkutik setelah takluk 1-4.

Hal yang lebih baik terjadi saat melawan Bali United di Stadion Batakan, ketika Persib mengamankan 1 poin setelah ditahan imbang 1-1.

Kini, menghadapi PSMS Medan yang posisinya berada di papan bawah, di atas kertas Persib bisa saja meraih poin penuh untuk menjaga jarak aman dengan pemuncak kalsemen sementara, PSM Makassar.

Akan tetapi, hal tersebut tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena saat ini PSMS juga sedang berjuang keras lolos dari zona degradasi. Tim asuhan Peter Butler tersebut tentunya bertekad bisa membawa pulang poin dari Bali.

Saat ini, Persib Bandung masih tertahan di posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 49 hasil dari 14 kali menang, 7 kali imbang, dan 8 kali kalah.

Sementara itu, PSMS Medan berada di posisi juru kunci alias peringkat ke-18 dengan nilai 30 dari 9 kali menang, 3 kali imbang, dan 16 kali kalah.

Poin Persib terpaut 4 angka dengan PSM Makassar yang berada di peringkat pertama dan satu poin dari Persija di posisi ketiga. Jika bisa meraih kemenangan, setidaknya Persib bisa memperkecil selisih poin dengan PSM Makassar dan membuat peta persaingan menuju juara semakin ketat.

PSM Makassar akan menghadapi pertandingan cukup berat karena mereka akan bertandang ke markas Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo. Sementara itu, Persija akan menjamu PS Tira di Stadion Wibawa Mukti.

Pemain absen



Menghadapi PSMS Medan, Persib tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain andalannya seperti Jonathan Bauman, Oh In Kyun, Febri Hariyadi, dan Dedi Kusnandar. Jonathan Bauman untuk sementara tidak bisa tampil karena mengalami cedera di bagian bahu sebelah kiri.

Sementara Oh In Kyun tidak bisa memperkuat Persib saat menjamu PSMS Medan karena pada pertandingan sebelumnya mendapat kartu merah.

Febri Hariyadi juga tidak bisa tampil karena kembali memperkuat tim nasional. Terakhir, Dedi Kusnandar menepi lebih awal karena mengalami cedera patah tulang fibula di kaki.

Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez mengatakan, raihan 3 poin di pertandingan sebelumnya menjadi motivasi tambahan untuk menghadapi partai selanjutnya saat melawan PSMS.

“Persiapan kami sangat baik, karena pertandingan ini penting bagi kami. Kami tahu bahwa Medan juga membutuhkan poin, tapi untuk kami yang paling penting adalah mendapat 3 poin. Kami harus memenangi pertandingan ini,” tutur Mario Gomez saat konfrensi pers jelang pertandingan, di hotel Natya, Jalan By Pass Ngurah Rai, Bali, Kamis 8 November 2018.

Bagikan: