Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Cerah berawan, 21.7 ° C

Persib vs Persebaya, Maung Bandung Gagal Kembali Kudeta Puncak Klasemen

Abdul Muhaemin

DENPASAR, (PR).- Persib Bandung harus tertunduk lesu usai ditumbangkan Persebaya Surabaya pada lanjutan pekan ke-26 Liga 1. Bertanding di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali Persib harus menelan kekalahan telak 1-4 dari tamunya tersebut dalam laga yang digelar pada Sabtu, 20 Oktober 2018.

Tertinggal 1-2 sejak babak pertama, Persib Bandung langsung mengambil inisiatif serangan saat pertandingan memasuki babak kedua. Persib Bandung yang harus meraih kemenangan guna kembali ke posisi puncak klasemen tampil seperti kelimpungan. Tidak adanya striker murni di skuad Maung Bandung membuat serangan-serangan yang dibangun Dedi Kusnandar selalu buntu saat memasuki kotak pinalti Persebaya Surabaya.

Serangan-serangan yang dibangun Persib bertumpu pada dua sayap andalan, Febri Haryadi dan Ghozali M Siregar. Keduanya beberapa kali berhasil mengobrak-abrik lini pertahanan Persebaya yang dikomandoi Octavio Dutra. Namun tidak adanya goal getter di lini serang Persib Bandung menyulitkan Persib saat bola dikirim ke area pinalti Persebaya.

Persebaya yang sesekali melakukan serangan balik bukannya tanpa peluang, menit ke-72 Fandi Eko Utomo yang memiliki ruang mencoba melakukan tendangan spekulasi, namun tendangannya masih sedikit menyamping dari gawang M Nathsir.

Memasuki menit ke-73, pelatih Mario Gomez melakukan perubahan, Atep yang tidak tampil maksimal digantikan oleh Puja Abdillah. 

Namun, petaka kembali menghampiri kubu Maung Bandung. Menit ke-77 Fandi Eko Utomo yang beberapa kali melakukan tendangan dari luar lotak pinalti berhasil mencetak gol. Berada dalam posisi yang bebas, tendangan keras yang dilakukan Fandi tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh M Nathsir. Tendangan menyusur tanah Fandi gagal diselamatkan oleh Nathsir, skor berubah untuk keunggulan Persebaya 1-3.

Lini pertahanan Persib Bandung kian kerpos usai Bojan Malisic mendapatkan sanksi larangan bertanding, sejak menghadapi Madura United koordinasi lini bertahan Maung Bandung seperti kehilangan ketangguhannya.

Tidak berselang lama dari gol yang dicetak oleh Fandi, Persebaya Surabaya yang terus digempur justru berhasil memperlebar jarak dengan Persib Bandung. Lewat serangan balik cepat, Osvaldo Haay berhasil mencetak gol ke-4 Persebaya pada pertandingan ini. Persib semakin terpuruk, Persebaya unggul 1-4 dari Persib Bandung.

Hingga berakhirnya pertandingan, Persib Bandung tidak berhasil mengejar ketertinggalannya dari Persebaya. Persib kalah dengan skor telak 1-4 dari Bajul Ijo.

Kekalahan yang diderita Maung Bandung kian memupuskan harapan Persib Bandung untuk kembali ke puncak klasemen. Kini Persib Bandung harus rela dikudeta posisinya oleh PSM Makassar yang bertengger di puncak klasemen.***

Bagikan: