Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Stadion GBLA Akan Dikelola Persib

Muhammad Fikry Mauludy

BANDUNG, (PR).- PT Persib Bandung Bermartabat berkesempatan mengambil alih kelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedabage, dari Pemerintah Kota Bandung. Selain mengurangi beban APBD, Pemkot Bandung bisa mendapat bagi hasil dari keuntungan yang didapat pengelola di kemudian hari.

“Persib (PT PBB) memang telah lama meminta agar bisa mengelola GBLA. Tetapi saya minta dulu konsepnya. Dan Persib baru memberikannya beberapa waktu lalu,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di  Bandung, Rabu, 22 Agustus 2018.

Jika memungkinkan, dalam waktu dekat Pemkot Bandung dan PT PBB akan menandatangani perjanjiannya. Ridwan menjelaskan, berdasarkan Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, pihak ketiga dimungkinkan untuk mengelola fasilitas milik Pemkot Bandung.

Dengan demikian, pengelolaan Stadion GBLA oleh PT PBB telah sesuai dengan ketentuan formal yang berlaku. Jika dikelola pihak ketiga, Pemkot Bandung akan mendapat banyak raihan pajak, termasuk dari reklame dan media luar ruang yang berada di lingkungan stadion.

Sistem bagi hasil yang akan disepakati akan dibahas dalam penandatanganan perjanjian antara Pemkot Bandung dengan PT PBB.

“Kalau ada kegiatan lain di luar olah raga, tentu Pemkot Bandung juga harus memperoleh keuntungan, tutur Ridwan.

Jika pengelolaan stadion GBLA oleh PT PBB berjalan sukses, maka sejumlah fasilitas Pemkot Bandung lainnya juga akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Bandung Creative Hub atau bangunan milik Pemkot Bandung lainnya mungkin juga bisa dikerjasamakan,” ujarnya.***

Bagikan: