Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.3 ° C

Persija vs Persib di Mata Para Pemain Baru

Gugum Rachmat Gumilar
PARA pemain Persib Bandung saat menjalani sesi latihan sore di Lapangan Benteng, Medan, Sumatra Utara, Minggu 3 Juni 2018. Skuad anak asuh Mario Gomez siap bertanding melawan tuan rumah PSMS Medan pada lanjutan Liga 1, Selasa 5 Juni 2018.*
PARA pemain Persib Bandung saat menjalani sesi latihan sore di Lapangan Benteng, Medan, Sumatra Utara, Minggu 3 Juni 2018. Skuad anak asuh Mario Gomez siap bertanding melawan tuan rumah PSMS Medan pada lanjutan Liga 1, Selasa 5 Juni 2018.*

PERTANDINGAN antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta, hampir selalu digelar dengan suasana panas, setidaknya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Meski demikian, setiap musimnya selalu ada wajah-wajah baru yang terlibat dalam duel ini. Mereka adalah para pemain maupun anggota tim pelatih, yang menjalani musim perdananya di masing-masing tim.

Tak berbeda dengan musim ini. Di kubu Persib Bandung terdapat beberapa wajah baru yang akan terlibat dalam pertarungan panas ini. Selain Mario Gomez dan Fernando Soler di tim pelatih, beberapa pemain juga berstatus sama. Sebut saja Oh In Kyun dan Victor Igbonefo. Keduanya baru bergabung dengan Pangeran Biru pada musim ini. Praktis, laga nanti akan menjadi debut untuk keduanya membela Persib menghadapi Persija.

Gelandang asal Korea Selatan, Oh In Kyun menyebut, pertandingan ini akan terasa berbeda dalam hal dukungan penonton. Pasalnya, hampir setiap pertandingan, baik kamdang maupun tandang, selalu ada bobotoh di tribun penonton. Pemandangan itu tidak akan terlihat di laga kali ini. 

Seperti biasanya, jika Persib berlaga di kandang Persija, bobotoh bakal dilarang tandang. Sebaliknya, saat Macan Kemayoran ke Bandung, Jakmania pun tak disarankan datang. Apa lagi, pertandingan kali ini digelar di stadion kecil yang pendukung tuan rumah pun tak bisa tertampung.

Meski demikian, Oh In Kyun bersedia beradaptasi. Tidak adanya bobotoh tak boleh menjadi alasan Persib bermain lesu. "Ada atau tidak ada penonton, tetap saja pertandingan ini penting untuj bobotoh di sini. Buat saya tidak ada masalah, kami akan tetap main sama," kata Oh In Kyun, Kamis, 28 Juni 2018.

Hormati Persija



Bek tengah, Victor Igbonefo juga hapal betul bagaimana panasnya atmosfer pertandingan saat Persib dan Persija bertemu. Oleh karena itu, hasil akhir menjadi sangat penting di laga ini. Kemenangan sebisa mungkin mesti diamankan meski berlaga di kandang lawan.

"Secara tim, mereka bagus. Kami harus waspada. Tapi kami tetap siap menghadapi mereka. Kami akan fokus dan kerja keras untuk mendapat tiga poin, kami ingin menang," tutur Victor.

Meski pertandingan bakal berlangsung ketat bahkan panas, kata Igbonefo, fair play tetap harus dijunjung tinggi. Bagaimana pun, kedua kubu tetap harus saling menghargai.

"Mereka tim bagus, hormat untuk mereka," kata dia.***

Bagikan: