Pikiran Rakyat
USD Jual 14.538,00 Beli 14.440,00 | Cerah berawan, 25.6 ° C

Airlangga Sutjipto, Tugas Penting Memotivasi Pemain Muda

Handri Handriansyah

Biografi

Nama: Airlangga Sutjipto

Lahir : 22 November 1985

Tinggi: 171 sentimeter

Posisi: Penyerang

Nomor punggung: 9

Klub sebelumnya: Sriwijaya FC



Sama seperti Eka Ramdani, Airlangga Sutjipto pun bukanlah orang baru di tubuh Persib Bandung. Sebelumnya, mantan pemain timnas U-20 ini pernah memperkuat Maung Bandung pada 2008-2013.

Meskipun lahir di Jakarta, stiker get ini lebih berdarah biru ketimbang oranye. Soalnya sekalipun ia belum pernah memperkuat Persija Jakarta.

Sebelum ke Persib, Airlangga memulai karir seniornya di PS Trisakti pada 2004 dan berlanjut ke Deltras Sidoardjo 2005-2008. Setelah tersisih dari Persib, pada 2013 hingga 2015 ia hijrah ke Semen Padang dan sempat berlabuh di Mitra Kukar dengan status pinjaman.

Kini, pemain yang akrab disapa Ronggo itu kembali ke tim Pangeran Biru dan siap berbagi pengalaman kepada para juniornya. Sebuah peran yang sangat sentral mengingat saat ini pemain lokal di lini depan Persib memang dihuni pemain muda.

Kenyataannya, seorang pemain muda tak jarang memiliki mental yang labil, apalagi jika jarang diturunkan. Padahal mereka sebenarnya sangat dibutuhkan untuk tampil cemerlang dan membuktikan diri meski hanya turun sebagai pengganti.

Hal itulah yang menjadikan keberadaan Airlangga menjadi sangat penting di Persib saat ini. Ia harus bisa memberi contoh kepada para pemain muda untuk tetap bekerja keras dan bersiap memberikan yang terbaik kapanpun dibutuhkan oleh tim.

Setidaknya, contoh konkret telah ia tunjukan saat Persib menjamu Arema dalam laga ujicoba 18 Maret 2018. Tampil sebagai pemain pengganti di 15 menit terakhir laga, Airlangga menjadi pahlawan setelah mencetak gol yang membawa Persib menang 2-1.***

Bagikan: