Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Sebagian cerah, 23 ° C

M Sabillah, Naik Kasta Lewat Persib

Gugum Rachmat Gumilar

Biografi



Nama: M Al Amin Syukur Fisabillah

Lahir : Bontang, 10 Mei 1994 

Tinggi: 182 sentimeter

Posisi: Bek tengah

Nomor punggung: 94

Klub sebelumnya: Persibat Batang

M Sabillah mulanya bukan merupakan nama tenar di kancah sepak bola nasional. Saat pertama kali datang ke Persib Bandung untuk mengikuti proses seleksi, awak media peliput tim Pangeran Biru bahkan sempat kebingungan mencari data terkait pemain sepak bola berusia muda ini. Pasalnya, sebelum memberanikan diri mengikuti seleksi, M Sabillah berkarier di Liga 2. Praktis namanya jarang terdengar. 

Pesepak bola didikan Malang, Jawa Timur ini sempat memperkuat beberapa klub ternama di kancah Liga 2. Antara lain Persijap Jepara pada awal 2017. Setelah itu, Sabil hijrah ke Persibat Batang di bulan Agustus tahun yang sama. Saat itu usianya masih 23 tahun. Di Persibat Batang, Sabil dibina oleh pelatih kenamaan Indonesia, Daniel Roekito. Namun hanya dua bulan di sana, dia kemudian mencari klub baru sampai akhirnya ikut seleksi di Persib. 

Upaya M Sabillah untuk seleksi di Persib Bandung ternyata langkah yang tepat. Pasalnya, tim Pangeran Biru nyatanya mau mengangkat dia sebagai pemain. Praktis masuk tim ini sekaligus menjadi momentum naik kasta bagi Sabil. Tak tanggung-tanggung pula, tim yang diperkuat di Liga 1 tersebut langsung merupakan salah satu tim terbesar di Indonesia. 

Padahal saat seleksi, M Sabillah harus berebut tempat dengan pemain yang jauh lebih berpengalaman. Dia mengikuti seleksi bersama M Robby. Namun tim pelatih Pangeran Biru punya pandangan lain. Sabil memang belum sempurna dalam hal teknik, namun usia muda menjadi nilai plus di mata Mario Gomez. Pelatih asal Argentina itu memang memiliki minat lebih terhadap pesepak bola usia muda. Alasannya, untuk kemajuan Persib dan dunia sepak bola nasional di masa mendatang. 

M Sabillah mengisahkan, bergabung dengan tim Pangeran Biru merupakan angan-angannya sejak lama. Meski demikian, dia tidak menyangka banyangan itu akan menjadi kenyataan. 

"Dari kecil saya ingin bermain di klub ini. Ya mungkin karena dulu waktu kecil, saya suka menonton pertandingan Persib yang tampil sangat menggebu-gebu, jadi saya ingin sekali main di Persib," tutur dia. 

Seiring terwujudnya keinginan bergabung dengan Persib, dia pun siap berupaya semaksimal mungkin untuk berkontribusi pada tim. Terkait persaingan dengan pemain yang lebih senior, M Sabillah bersedia menjalaninya.

"Saya siap mengeluarkan kemampuan terbaik untuk tim ini. Saya berharap bisa masuk tim inti," tutur Sabil.***

Bagikan: