Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Kiper Muda Persib Kembali Dipanggil Timnas U-19

Irfan Subhan

PENJAGA Gawang muda Persib Aqil Savik kembali mendapat kehormatan, setelah dipanggil untuk memperkuat tim nasional (Timnas) U-19 yang akan tampil di Piala AFF dan AFC U-19. Ini bukanlah panggilan yang pertama baginya, mengingat sebelumnya Aqil juga pernah memperkuat Timnas U-19.

Sebelumnya pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri telah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) pada tanggal 19 hingga 27 Mei. Pemusatan latihan ini akan dilaksanakan di Hotel dan Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta. 

Indra mengatakan, bahwa pada pemanggilan kali ini selain muka lama, terdapat juga beberapa pemain baru. Hal ini sesuai dengan pemantauan dirinya di beberapa klub beberapa bulan terakhir ini.

"Bismillah, kami memulai pemusatan latihan di Yogyakarta. Kali ini kami tidak melakoni program pemusatan latihan jangka panjang karena sebagian besar pemain sudah memiliki klub yang sedang berkompetisi," kata Indra Sajfri seperti dikutip pssi.org.

Pada tahun 2018 ini, Timnas U-19 akan menghadapi turnamen Piala AFF U-19 pada 1-14 Juli dan Piala AFC U-19 pada 18 Oktober hingga 4 November. Indonesia pun menjadi tuan rumah dua ajang tersebut.

"Untuk pemusatan latihan kembali kami tetap menerapkan sistem promosi dan degradasi. Intinya setiap pemain harus menunjukkan permainan terbaik selama pemusatan latihan," ujarnya.

Indra mengatakan ke-28 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Yogyakarta pada tanggal 19-27 Mei adalah penjaga gawang: M Aqil Savik (Persib Bandung) Gianluca Pagliuca Rossy (Persija Jakarta), Rakasurya Handika (Bali United), M Riyandi (Barito Putera).

Sementara untuk pemain belakang Indra memanggil Nurhidayat (Bhayangkara FC), Julyano Pratama (Ragunan), Kadek Raditya (Persiba Balikpapan), Dedi Tri Maulana (Persis Solo), Firza Andika (PSMS Medan), Irsan Lestaluhu (Madura United), M Iqbal B (Ragunan), Al Risqy Dwi Pradana (Bogor FC), dan M Firli (Bogor FC).

Untuk pemain tengah, Indra mencoba wajah-wajah baru seperti  M Luthfi Kamal (Mitra Kukar), Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC), Witan Sulaeman (Ragunan),Resky Fandi (Martapura FC), Muhammad Iqbal (Persika Karawang), Asnawi Mangkualam (PSM Makassar), Todd Rivaldo (Persipura Jayapura), dan M Rafi Syarahil (Barito Putera).

Di lini depan, Indra masih mempercayakan kepada muka-muka lama seperti Saddil Ramdani (Persela Lamongan), Feby Eka Putra (Bali United), Gunansar Mandowen (Persipura), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Hanis Saghara (Bali United), Aji Kusuma (Persika Karawang), dan M Rafli Mursalim (Mitra Kukar).

Seperti bapak sendiri



Menanggapi dipanggilnya kembali ke Timnas U-19, Aqil mengaku sangat senang dan tidak menyangka bisa menjadi salah satu pemain dari 28 pemain yang dipanggil oleh Indra Sjafri ke Yogyakarta.

“Pasti bersyukur bisa dipanggil lagi dan kesempatan ini nggak akan disia-siakan. Bisa kerja bareng lagi sama coach Indra pastinya sangat senang, karena sudah terbiasa sama dia sudah seperti bapak sendiri setahun kemarin,” tutur Aqil.

Jebolan Diklat Persib ini menambahkan, dipanggilnya kembali ke Timnas merupakan sebuah kejutan karena tidak semua yang tampil memperkuat Timnas U-19 tahun kemarin dipanggil lagi oleh Indra Sjafri.

Mengenai target tinggi dari PSSI, Aqil mengaku pastinya itu sudah menjadi program sejak tahun kemarin termasuk dari Indra Sjafri untuk bisa menjadi juara di Piala AFF dan posisi empat besar di Piala AFC.

“Kalau untuk perasingan pastinga akan berat, enaknya dari coach Indra dia dekat ke pemain soalnya dia  sudah biasa mengurus kategori pemain muda jadi sudah mengerti. Kalau di lapangan dia serius tetapi saat di luar santai dan dekat ke semua pemain,” tuturnya.***

Bagikan: