Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Siapa Tak Mau Melatih Persib Jika Suporternya Sefanatik Ini?

Yusuf Wijanarko
PEMAIN Persib Ezechiel N’Douassel memimpin viking clap usai kemenangan 2-0 atas Persipura di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu 12 Mei 2018.*
PEMAIN Persib Ezechiel N’Douassel memimpin viking clap usai kemenangan 2-0 atas Persipura di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu 12 Mei 2018.*

PERSIB Bandung sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan di kandang pada laga lanjutan Liga 1. Maung Bandung yang kembali diperkuat Ezechiel N’Douassel, Supardi Nasir, dan Febri Hariyadi membungkam Persipura 2 gol tanpa balas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 12 Mei 2018 malam.

Asisten Pelatih Persib Fernando Soler mengungkapkan, kunci kemenangan pada laga tersebut tidak lain adalah karena kerja keras timnya. Supardi dan kawan-kawan tahu bahwa sepak bola membutuhkan kolektivitas. Kemenangan tidak bisa diraih jika hanya bermain dengan mengedepankan ego individu.

"Mereka (para pemain Persib) tahu Persipura itu tim besar. Kuncinya kolektivitas tim. Kami satu tim, satu keluarga bersama suporter," ujar Fernando Soler dalam wawancara dengan Radio PRFM, Sabtu 12 Mei 2018 usai laga.

Menurutnya, kalah atau menang dalam suatu pertandingan hanya hasil akhir dari kerja keras yang dilakukan. Untuk itu, mental bermain menjadi sangat penting. Para pemain tidak boleh mudah menyerah sampai wasit meniup peluit panjang.

"Mentalnya harus kuat mau hasil akhirnya menang, kalah, atau imbang karena dalam pertandingan sering ada pemain ke 12 yang sering membantu," ujar Fernando Soler.

Dia menyatakan, penampilan duet Jonez (Jonathan-Ezechiel) terus meningkat. Duet itu diyakini akan terus menjadi taring Maung Bandung untuk menerkam lawan-lawannya.

"Soal Bauman, sejak awal kami inginkan dia. Eze juga. Kami percaya dia. Keduanya punya kualitas bagus. Sejak hari pertama kami bertemu Eze, kami tidak bingung apakah akan mempertahankan dia atau tidak. Dia tahu untuk kerja tim tidak bisa main sendiri," katanya.***

Bagikan: