Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Cerah berawan, 29.5 ° C

Laga Tandang Pertama Liga 1 2018, Persib Hanya Bawa 18 Pemain

Irfan Subhan

BANDUNG, (PR).- Menghadapi pertandingan tandang pertamanya di Liga 1 2018, saat dijamu oleh Sriwijaya FC, di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu 1 April 2018, Persib Bandung hanya membawa 18 pemain.

“Untuk nama pemain yang akan di bawa belum bisa saya sebutkan karena masih kita pantau, tetapi untuk pemain yang tidak ikut mereka tetap latihan di sini (Bandung) dan kita akan bertemu lagi Senin,” tutur Asisten Pelatih Persib, Fernando Soler, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis 29 Maret 2018.

Dia menambahkan, pada latihan kali ini para pemain mulai berlatih taktik. Di game internal ini juga Jonathan Bauman mulai diturunkan di lini depan bersama Ezechiel N’Douassel sebagai partnernya.

“Kita lihat mereka bermain bagus, saya coba mainkan Bauman dan sudah kelihatan sudah bisa masuk (padu) di dalam tim, karena technical taktik kitaminta mereka bermain bagus,” katanya.

Soler mengatakan, duet Ezechiel dan Bauman ini mudah-mudahan bisa berjalan dengan bagus pada pertandingan nanti, termasuk lini tengah dan belakang yang sudah semakin padu dan bisa mendukung pemain di lini depan.

Keputusan untuk membawa 18 pemain sebelumnya sudah dikomunikasikan dengan pelatih kepala Roberto Carlos Mario Gomez yang saat ini masih berada di Argentina, termasuk siapa saja pemain yang tidak akan diikutsertakan.

“Saya senang dengan hasil latihan tadi karena semua pemain bisa bekerja dengan bagus. Untuk Victor (Igbonefo) kita tidak akan bawa ke Palembang, karena saat latihan tadi kita mau coba tetapi masih belum bisa. Mudah-mudahan bisa segera pulih termasuk kondisi fisiknya,” ujarnya.

Soler mengatakan, pada latihan kali ini juga pelatih mencoba formasi 4-3-1-2 dan pemain bisa menjalankannya dengan baik. “Tadi kita lihat mereka main konsisten dan bisa cetak gol, juga ada beberapa peluang yang bagus,” ucapnya.

Perkuat Mental



Mengenai kelemahan pada pertandingan kontra PS Tira lalu, di mana Persib belum bisa memanfaatkan ball possession secara maksimal. Soler menuturkan, pelatih Roberto Carlos Mario Gomez juga sudah mengetahui hal itu, bahkan dirinya mengaku jika Persib unggul dari segi ball possession tetapi juga banyak kehilangan bola.

“Mungkin dari mental, karena mereka sudah mulai capek. Kita lihat Eka kemarin ada beberapa kali kehilangan bola, dan dia sampai bilang ke saya coach saya tidak bisa lanjut (harus diganti),”katanya.

Mengenai faktor mental ini, jajaran pelatih juga sudah melakukan penguatan dan pemberian motivasi, mengingat dari segi fisik para pemain sudah cukup kuat karena di masa persiapan selama empat bulan ini, fisik mereka selalu ditempa.

Soler menilai Sriwijaya FC merupakan tim yang kuat, apalagi mereka memiliki tujuh pemain asing dan pada pertandingan nanti akan bermasin sebagai tim tuan rumah yang didukung penuh oleh suporternya.

“Kita sudah punya taktik. Kalau taktik berjalan dengan bagus kita percaya bisa ambil poin. Mereka ada tujuh pemain asing, kita harus antisipasi. Di Piala Presiden lalu kita bisa menang dan mudah-mudahan bisa mengulangnya lagi,”tuturnya. ***

Bagikan: