Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan, 22.4 ° C

2 Pekan Menuju Liga 1 2018, Ini Kata Dokter Tim Soal Kondisi Cedera 3 Pilar Persib

Irfan Subhan
PEMAIN Persib Bandung saat menjalani sesi latihan sore di Lintasan Atletik Pajajaran, Kota Bandung, Senin 26 februari 2018.Dalam latihan tersebut tim pelatih menggenjot fisik pemain agar mampu tampil prima saat Liga 1.
PEMAIN Persib Bandung saat menjalani sesi latihan sore di Lintasan Atletik Pajajaran, Kota Bandung, Senin 26 februari 2018.Dalam latihan tersebut tim pelatih menggenjot fisik pemain agar mampu tampil prima saat Liga 1.

DUA pekan sebelum Liga 1 2018 digelar, Persib masih dihadapkan pada beberapa persoalan salah satunya adalah kondisi beberapa pemain yang belum fit, karena sedang menjalani proses pemulihan cedera. Seperti diketahui, Michael Essien, Victor Igbonefo, dan Kim Jeffrey Kurniawan, sampai saat ini masih menjalani pemulihan akibat cedera yang mereka alami.

Essien mengalami cedera di bagian ankle dan lututnya sat menjalani latihan di lapangan sintetis, sedangkan Igbonefo juga masih melakukan pemulihan setelah mengalami cedera saat tampil di Piala Presiden dan Kim masih melakukan pemulihan dari cedera patah tulang kaki fibula saat berlaga di Liga 1 tahun lalu.

Terus Dipantau



Dokter tim Persib Rafi Ghani mengatakan, dirinya terus melakukan pemantuan perkembangan pemulihan cedera tiga pemain saat ini. Untuk perkembangan pemulihan sendiri, dia mengaku semuanya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Essien waktu itu perlu waktu untuk istirahat selama tiga minggu, dia sudah melakukan terapi dan diberikan obat, sekarang kondisinya sudah membaik dan sudah bisa bergabung ikut latihan bersama pemain lainya,” tutur Rafi, di Lintasan Atletik Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung Senin 26 Februari 2018.

Kemungkinan Essien akan dibawa saat Persib menjalani pertandingan uji coba di Serang, Rafi menuturkan hal tersebut merupakan kewenangan dari pelatih. Namun, secara kondisi dirinya masih ingin melihatnya di lapangan, sehingga perkembangannya masih terus dipantau.

Dia menambahkan, hal yang sama juga dialami oleh Kim yang menurutnya mengalami peningkatan yang sangat baik. Namun, saat ini masih ada trauma, sehingga Kim masih harus menjalani terapi dan latihan terpisah.

“Dia lari masih digeser, padahal tulang fibula tidak untuk menahan beban. Kita coba hilangkan itu secara pelan-pelan traumanya. Rencananya setelah habis dari uji coba di Serang kita lihat lagi dan berikan motivasi,” kata Rafi.

Rafi mengatakan, berdasarkan hasil rontgen terakhir sudah terbentuk kalus yang halus di kedua ujung tulang yang patah sebagai cikal bakal yang menjembatani penyambungan tulang agar lebih kuat.  

“Dia terakhir di rontgen sudah terbentuk kalus. Tapi memang belum sempurna, memang prediksi awal sampai 16 minggu, dan sekarang sudah masuk minggu ke-14. Mudah-mudahan pemulihan cederanya bisa berlangsung cepat,” ujar Rafi.***

Bagikan: