Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Umumnya cerah, 21.2 ° C

PT Persib Bandung Bermartabat Berpeluang Kelola Stadion GBLA

Yusuf Wijanarko

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung membuka peluang bagi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk mengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Skema pengelolaan itu tengah dibahas, termasuk mengenai bagi hasil dari pengelolaan tersebut.

Sekretaris Daerah kota Bandung Yossi Irianto menjelaskan, selama ini GBLA dikelola langsung Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung. Namun, hal tersebut tidak berjalan baik.

“Dia (PT PBB) mengajukan GBLA. Selama ini dikelola Dispora tidak maksimal, rumput mati, air bocor, memang biaya pemeliharaan tinggi. Untuk listrik saja Rp 1,2 miliar per tahun, Rp 100 juta per bulan, belum lagi pemeliharan gedung,” ujar Yossi Irianto seperti dilaporkan Prfmnews, Senin 5 Februari 2018.

Untuk pemeliharaan rumput, biaya yang dibutuhkan cukup besar. Dalam catatannya, tidak kurang dari Rp 500 juta setiap bulannya digelontorkan untuk pemeliharaan. Angkanya mencapai Rp 5-6 miliar per tahun.

"Ini menjadi tidak efisien. Makanya, yang paling efektif dan efisien adalah dikerjasamakan atau dikelola dengan baik oleh PT PBB, keuntungan bagi hasil ini yang sedang dibahas oleh tim," ujarnya.

Disinggung mengenai siapa saja yang sudah mengajukan kerja sama tersebut, Yossi Irianto mengatakan, sudah banyak. Namun, dia membuka peluang itu kepada PT PBB terlebih dahulu dengan alasan perusahaan itu dianggap paling tepat sebab menaungi Persib. 

"Sebelum kepada yang lain, tentu buat Persib dulu, ke PT PBB karena masih tim kita, saham kita juga, masyarakat yang punya, bobotoh," ujar Yossi Irianto.

PT PBB sudah mengajukan surat permohonan secara resmi kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terkait rencana itu. Meski demikian, saat ini belum ada keputusan terkait pengelolaan tersebut karena masih banyak yang perlu dibahas.

"Hitungannya belum keluar. Nanti dibentuk tim independen untuk menghitung itu, tetapi prinsipnya menguntungkan, dengan keinginan Persib menjadikan GBLA sebagai markasnya, kami sepakat mengenai itu, supaya bobotoh bisa menikmati," ujar Yossi Irianto.

Selama ini, Persib memakai dua stadion untuk menggelar pertandingan kandangnya. Selain GBLA, Persib juga memakai Stadion Si Jalak Harupat.***

Bagikan: