Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Berawan, 22.4 ° C

Pemain Muda Persib, dari Old Trafford Hingga ke Jepara

Miradin Syahbana Rizky

MENJADI salah seorang pemain Diklat Persib yang diboyong untuk mengikuti pemusatan latihan di Kabupaten Jepa­ra, Jawa Tengah, membuat penyerang muda M Wildan Ramdhani semringah. Pasalnya, striker berusia 19 tahun itu mengaku kesempatan tersebut sangat langka.

Terlebih, pada pemusatan latihan pertama digelar sepuluh hari di Yogyakarta pada Desember lalu Wildan Ramdhani tidak diboyong oleh tim pelatih Maung Bandung. Oleh karena itu, dia siap menye­rap ilmu dengan memaksimalkan latihan di Jepara.

”Tentunya sangat senang bisa punya kesempatan langka seperti ini. Di sini (Jepara) sudah pasti bakal dapat banyak ilmu dan juga pengalaman bersama tim senior,” ucap pria kelahiran 24 Desember 1998 itu seperti dilansir dari laman resmi Persib Bandung.

Wildan Ramdhani mengatakan, dia yang sejak kecil sudah terbiasa be­kerja keras demi mewujudkan cita-cita menjadi pemain sepak bola andal. Ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan latihan di luar Bandung bersama Persib senior. Bahkan Wildan Ramdhani menyatakan, selama latihan di Jepara dia tak hanya ingin berlatih.

Hal itu terajdi karena Wildan Ramdhani mengemban misi khusus saat dirinya menjalani program pemusatan latihan dalam sepekan ke depan. Wildan Ramdhani ingin menunjukkan seluruh kemampuan terbaiknya di Jepara.

”Dibawa ke Jepara, insyaallah saya tidak akan membuang kesempatan ini. Saya semakin termotivasi untuk menunjukkan seluruh kemampuan terbaik di sini,” ujar fans berat klub Liga Inggris Manchester United tersebut.

Mantan pemain SSB UNI dan Saswco ini menatap optimistis Liga 1 2018 yang segera bergulir. Menurut dia, Allah telah memberikan jalan baginya untuk bisa berlatih bersama tim senior Persib Bandung. Oleh karena itu, dia harus memaksimal­kan peluang yang ada.

”Ini peluang yang bagus, semoga ada jalannya. Semoga 2018 menjadi awal tahun buat saya sukses di Persib Bandung,” katanya.

Sebelumnya, baik di Diklat Persib maupun saat masih bermain di kelompok usia dini, prestasi dan pengalaman Wildan Ramdhani sejauh ini cukup mentereng. 

Ke Manchester



Dari sepak bola, ia sudah dua kali mendapat­kan kesempatan berkunjung ke markas Manchester United di Stadion Old Trafford.

”Itu pengalaman berharga buat saya. Alhamdulillah. Yang pertama berawal dari kompetisi di tingkat regional Jawa Barat dan juara di tingkat nasional. Setelah itu, kami mewakili Indonesia ke tingkat Asia Pasifik dan kami juara di sana. Saya juga jadi top scorer. Itu untuk pertama kali dapat kesempatan ke Old Trafford,” tuturnya.

Wildan Ramdhani kembali mendapatkan kesempatan untuk belajar ke Old Trafford dari turnamen berbeda di tahun 2015 silam. 

”Turnamen itu berlangsung di seluruh Indonesia. Alhamdulillah saya masuk ke dalam best eleven dan berkesempatan ke Old Trafford untuk kedua kalinya,” ujarnya.

Soal momen mengesankan sepanjang kariernya, Wildan Ramdhani meng­aku tak pernah melupakan dua gol penentu kemenangan timnya kala melakoni laga di Piala Wiranto.

”Waktu kecil, saya ikut Piala Wiranto di Lapangan ITB. Saya ikut di tim kelahiran 1996 padahal saya kelahiran 1998. Saat itu, saya setim dengan Febri (Hariyadi). Di satu pertandingan, saya tidak berharap bermain, jadi pelengkap tim saja saya sudah senang. Tapi justru dua gol saya jadi penentu kemenangan di laga itu,” tuturnya.***

Bagikan: