Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 19.9 ° C

Persib vs Sriwijaya FC: Nostalgia dan Profesionalisme Konate

Gugum Rachmat Gumilar

PERTANDINGAN antara Persib Bandung vs Sriwijaya FC, turut membangkitkan sisi nostalgia. Makan Konate, gelandang yang pernah berkontribusi saat Tim Pangeran Biru meraih juara pada 2014, hadir di kubu lawan. Laga pembuka Grup A Piala Presiden 2018 tersebut digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa, 16 Januari 2016 sore .



Bek sayap Persib, Supardi, tak menampik kualitas mumpuni pesepakbola asal Mali tersebut. Dia pun mengaku tetap respek terhadap Konate sebagai pemain yang pernah berkostum sama. 



"Di luar lapangan, Konate adalah teman, sahabat, dan dia orang baik. Tapi bukan seorang Konate yang saya perhatikan. Di lapangan, kita bicara tim," kata Supardi di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Senin, 15 Januari 2018.

Tak cuma kedekatan emosional antara Konate dan para pemain Persib. Rata-rata bobotoh pun masih menghormati pemain yang musim lalu sempat hijrah ke Liga Super Malaysia tersebut. Sebagian bobotoh bahkan masih berharap suatu saat Konate bisa kembali bergabung dengan Tim Pangeran Biru. Kondisi ini diakui oleh pelatih tim lawan, Rahmad Darmawan.



"Banyak fans Persib juga ingin agar klub bisa mengembalikan Konate. Bagaimana pun dia punya sejarah manis di sini. Tapi inilah sepakbola, harus profesional. Di sepakbola, kadang kita harus berhadapan dengan tim yang kita cintai, bahkan berjibaku antara kakak dan adik karena menggunakan warna kaos yang berbeda," ujar Rahmad Darmawan.



Beban Konate



Mantan pelatih Timnas Indonesia ini juga yakin, sebagai pesepakbola yang sudah lama berkiprah di kompetisi level tertinggi, Makan Konate bisa menjaga profesionalisme. Rahmad Darmawan hanya berharap, sejarah manis anak asuhnya dengan Persib plus kehadiran bobotoh yang memadati Stadion Gelora Bandung Lautan Api tidak mengganggu performa Konate.





"Semoga Konate bisa menjawab tantangan ini, tidak terlalu terbebani. Bagaimana pun pertandingan ini adalah bagian dari proses kami untuk lebih baik. Saya juga berharap sikap profesionalisme dia bisa ditularkan pada pemain lain," ujar Rahmad Darmawan memugkasi.***

Bagikan: