Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Pelemparan Oleh Jakmania ke Tim Persib Dilatarbelakangi Hal Ini

Wina Setyawatie

SOLO, (PR).- Kekesalan para pendukung Persija yang ditimpakan kepada para pemain Persib Bandung saat tiba di Stadion Manahan Solo, ternyata ada latar belakangnya. Jakmania mengaku bahwa mereka kerap dilempari selama perjalanan dari Jakarta menuju Solo.

Hal itu diungkapkan Ketua The Jakmania, Tauhid Indra Syarief, kepada wartawan di Stadion Manahan, Solo, Jumat 3 November 2017. Menurut dia, aksi pelemparan yang dilakukan oknum yang diperkirakan bobotoh itu dilakukan ketika mereka dalam perjalanan dari Jakarta-Solo dengan menggunakan bus. Aksi pelemparan ke bus Jakmania itu sendiri terjadi di jalan tol pada anatra kilometer 20-120.

Aksi pelemparan bus Jakmania oleh oknum bobotoh itu mempengaruhi faktor psikologis para suporternya. Tauhid menilai, wajar saja jika Jakmania kemudian meluapkan emosinya pada pemain Persib saat di Stadion Manahan.

"Jadi itu juga yang mempengaruhi faktor psikologis anak-anak saya hingga mereka emosi. Ibarat sudah merasa terusir di Solo, lalu tiba-tiba mereka dilempari pula," kata Tauhid. "Saya sangat menyayangkan hal itu. Harusnya bobotoh berpikir, kalau Jakmania datang ke Solo dalam kondisi emosi sementara bobotoh tidak mendampingi Persib di sana, sasaran mereka pasti ya Persib lah. Jadi tim mereka sendiri yang pasti dirugikan."

Jakmania vs Viking



Dengan kejadian ini, ia menganggap sepertinya konsolidasi untuk membuka komunikasi dengan Viking butuh proses yang panjang. Tauhid mengaku, saat ini memilih diam agar kondisi tidak makin memanas. Baru setelah adem, mereka akan memikirkan langkah-langkah selanjutnya.

"Secara lisan kami sudah berkomunikasi dengan Viking tentang hal ini. Mereka pun meminta maaf atas kejadian tidak enak yang dialami oleh Jakmania. Tapi mereka berjanji akan terus kampanye menyuarakan agar tidak ada aksi-aksi provokatif lagi," ucapnya.***

Bagikan: