Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

2 Gol dalam 2 Menit, Rekor Terburuk Pertahanan Persib

Arif Budi Kristanto
PEMAIN Persib Febri hariyadi dan Sergio van Dijk berebut bola dengan pemain Persela Ivan carlos dan Hedipo gustavo dalam laga lanjutan ISC 2016 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu 26 November 2016.*
PEMAIN Persib Febri hariyadi dan Sergio van Dijk berebut bola dengan pemain Persela Ivan carlos dan Hedipo gustavo dalam laga lanjutan ISC 2016 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu 26 November 2016.*
SETELAH takluk 1-2 dari Mitra Kukar pada pekan ke-24 Indonesia Soccer Championship 2016 pertengahan Oktober lalu, organisasi pertahanan Persib Bandung sempat bangkit dan menunjukkan ketangguhan.

Dalam lima laga selanjutnya, gawang Maung Bandung hanya kebobolan dua gol, bahkan empat laga dilalui tanpa pernah kebobolan.

Namun, grafik impresif tersebut berantakan di Stadion Surajaya Lamongan saat Maung Bandung dipukul 1-2 oleh tuan rumah Persela pada pekan ke-30 ISC, Sabtu 26 November 2016. Sepasang gol Laskar Joko Tingkir yang dilesakkan hanya dalam tempo dua menit kembali menunjukkan kerapuhan sistem pertahanan pasukan Djadjang Nurdjaman.

Dalam laga itu, Persib ketinggalan lebih dulu akibat tembakan jarak jauh bek sayap Persela Steven Imbiri pada menit ke-37. Sialnya, cuma berselang semenit, gawang Muhammad Natshir kembali jebol. Striker asal Brasil Ivan Carlos dengan mudah menerobos benteng pertahanan dan melepas tembakan jarak dekat pada menit ke-38.

Kebobolan dalam interval dua menit ini menjadi rekor terburuk pertahanan Maung Bandung sepanjang ISC 2016. Cacatan terburuk sebelumnya terjadi ketika Persib dilucuti Bhayangkara Surabaya United 1-4 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo 11 Juni 2016.

Saat itu, gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan diberondong dua gol dalam interval empat menit. Setelah Thiago Furtuoso mencetak gol pertama BSU pada menit ke-41, giliran Rudi Widodo yang menjejalkan bola ke gawang Persib tiga menit kemudian, yakni pada menit ke-44.

Pada babak kedua pertandingan itu, BSU menambah dua gol dalam interval 12 menit, yakni melalui tembakan Thiago pada menit ke-52 kemudian gol penutup hasil sundulan Otavio Dutra pada menit ke-64.

Dua gol dalam jarak berdekatan juga diderita Persib ketika babak belur dihajar Semen Padang 0-4 di Stadion Haji Agus Salim 25 Juli 2016. Waktu itu, gol ketiga dan keempat pasukan Kabau Sirah terjadi hanya dalam waktu 14 menit. Marcel Silva Sacramento mencetak gol keduanya ke gawang Persib melalui tembakan jarak dekat pada menit ke-50, kemudian Riko Simanjuntak memastikan kekalahan bermargin terbesar bagi Persib melalui gol hasil tembakan jarak jauh pada menit ke-64.

Persib masih memiliki sisa lima pertandingan sebelum ISC 2016 rampung. Gol-gol dengan interval waktu berdekatan bisa saja kembali terjadi andaikan sistem pertahanan tidak segera diperbaiki.***
Bagikan: