Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

Polresta Bekasi akan Hadang The Jakmania Saksikan Persib vs Persija

Tommi Andryandy
RATUSAN oknum The Jakmania saat diamankan Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten, belum lama ini. Mereka diamankan setelah melakukan pemukulan terhadap pelayan kedai baso yang mengenakan atribut Persib.*
RATUSAN oknum The Jakmania saat diamankan Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten, belum lama ini. Mereka diamankan setelah melakukan pemukulan terhadap pelayan kedai baso yang mengenakan atribut Persib.*
CIKARANG, (PR).- Kepolisian Resor Kota Bekasi Kabupaten akan menyiapkan sejumlah personel menghadapi pertandingan mega duel Persib menghadapi Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 16 Juli 2016.

Para personel itu nanti akan menghadang kelompok suporter Persija, The Jakmania datang ke Bandung.

Kepala Polresta Bekasi Kabupaten Awal Chairudin mengatakan, penghadangan dilakukan guna meredam potensi gesekan antara The Jakmania dan bobotoh. Dalam beberapa kesempatan, dua kelompok suporter terbesar ini terlihat tidak kompak.

Selain itu, larangan The Jakmania ke Bandung pun terkait dengan sanksi yang diberikan PSSI. Setelah kerusuhan beberapa waktu lalu di GBK, Komdis PSSI menghukum The Jakmania dengan tidak boleh hadir dalam seluruh pertandingan Persija selama enam bulan ke depan. Hukuman itu terhitung kala menghadapi Persib.

“Sesuai sanksi Komdis PSSI, enam bulan ke depan, Persija tidak boleh didukung supporter. Artinya, besok pertandingan Persija di Bandung tidak boleh ada suporter Jakmania berangkat ke Bandung, “ kata Kapolresta Bekasi, Jumat 15 Juli 2016.

“Dalam hal ini, Polresta Bekasi sebagai kepolisian dari Polda Metro Jaya yang posisinya paling dekat dengan wilayah hukum Polda Jawa Barat. Untuk itu, proses sterilisasi akan dimulai di Bekasi," kata Awal.

Proses penghadangan The Jakmania dilakukan mulai dari sterilisasi kendaraan yang menuju ke Bandung. "Jangan sampai putusan Komdis PSSI tidak dihormati suporter Persija yang tidak tahu. Jadi, kami mengingatkan bahwa tidak boleh melihat pertandingan Persija di Bandung,” ucapnya.

Diakui Awal, di Kabupaten Bekasi terdapat angota The Jakmania dengan jumlah besar. Namun hal itu tidak menyurutkan proses sterilisasi mereka.

“Bila kita melihat suporter Jakmania dari Kabupaten Beksi mencoba berangkat akan kami tahan sementara kendaraannya. Intinya saat pertandingan Persib lawan Persija tidak boleh ada supporter Persija yang datang ke Bandung untuk menonton,” katanya.

Belum lama ini, Polresta Bekasi Kabupaten mengamankan ratusan The Jakmania yang berbuat onar di Kabupaten Bekasi. Usai pertandingan Persija menghadapi Sriwijaya, ratusan suporter oranye itu melakukan pemukulan terhadap pelayan kedai baso. Saat itu, sang pelayan mengenakan seragam Persib.***
Bagikan: