Hasil Survei Psikologi Unpad, Stres Paling Sering Dialami Kaum Ibu Selama Pandemi Covid-19

- 15 November 2020, 14:08 WIB
Ilustrasi ibu stres. /Pexels/Andrea Piacquadio

PIKIRAN RAKYAT - Stres menjadi emosi negatif yang paling sering dialami oleh ibu selama masa pandemi Covid-19. Karena stres, ibu menjadi kurang sabar, mudah tersinggung dan sulit untuk rileks.

Hal itu terungkap dari sebuah survei yang diadakan Kepala Departemen Psikologi Perkembangan, Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran Fredrick Dermawan Purba. 

Meski demikian, tingkat stres yang dialami ibu tidak terlalu tinggi dan belum sampai pada tahap mengkhawatirkan. Namun, tetap saja stres pada ibu perlu diatasi karena kondisi itu akan mempengaruhi orang-orang di rumah.

 Baca Juga: Kecewa Tahu BNPB Bagi 20.000 Masker ke Acara Habib Rizieq, dr. Tirta: Satgas Covid Takut sama Massa

Fredrick juga melakukan survei terhadap kondisi psikologis karyawan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama pandemi Covid-19

Sebagian besar atau 64,3% karyawan yang disurvei mengalami stres sangat berat. Sisanya, 16,8% mengalami stres berat dan 18,9% stres sedang.

Selain stres, karyawan juga mengalami kecemasan pada tingkat sangat berat. Ada sebanyak 45,5% karyawan yang mengalami kecemasan sangat berat, 35% kecemasan berat dan 19,6% kecemasan sedang.

 Baca Juga: Hari Ini Menikah, Nathalie Holscher Tampak Naik Pitam di Pesta Ulang Tahun hingga Buat Sule Terkejut

Meski kondisi psikologis karyawan tidak baik, sebagian besar karyawan belum jatuh pada kondisi depresi tingkat berat. Sebagian besar karyawan atau 76,9% mengatakan, mengalami depresi tingjat sedang. Sisanya, 15,4% karyawan mengalami depresi berat dan 7,7% mengalami depresi sangat berat.

"Kondisi ini tidak akan jauh berbeda dengan karyawan di perusahaan lain," ujar Fredrick dalam seminar daring "Pencegahan Covid-19 Melalui Gaya Hidup Sehat dan Manajemen Stres untuk Masyarakat" yang diadakan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, Sabtu 14 November 2020.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Warta Lombok

Chelsea Pecat Frank Lampard!

25 Januari 2021, 20:17 WIB
X