Kabupaten Bekasi Keluar dari Zona Merah, Guru Diharapkan Kembali Kunjungi Murid

- 27 Oktober 2020, 13:18 WIB
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi berharap aktivitas guru mengunjungi muridnya dilakukan pasca Kabupaten Bekasi berhasil keluar dari zona merah. Pasalnya, skema ini dinilai efektif dalam menjaga keberlangsungan proses belajar mengajar di tengah pandemi covid-19.

Anggota Komisi VI DPRD Kabupaten Bekasi, Fatma Hanum mengatakan, penurunan zonasi merupakan hal positif bagi dunia pendidikan. Kendati belum dapat melaksanakan pengajaran tatap muka, tapi kunjungan guru dapat membantu pemahaman siswa terhadap pelajaran.

Begitu juga bagi orang tua tentang bagaimana memberi pemahaman pada anaknya tentang pelajaran.

 Baca Juga: 7 Makanan Penghilang Stres, Bawang Putih Buat Pusing Pergi?

“Jadi kalau memang untuk tatap muka masih cukup riskan karena Kabupaten Bekasi kan masih berpotensi. Maka kunjungan guru kepada siswa itu penting, baiknya dapat kembali diberlakukan, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucap dia, Selasa, 27 Oktober 2020.

Diakui Fatma, saat kasus covid-19 tengah meningkat di Kabupaten Bekasi beberapa pekan lalu, muncul kekhawatiran dari tenaga pengajar untuk mengunjungi para siswa. Maka dari itu, skema guru visit tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Di satu sisi tidak berjalan karena khawatir tapi tetap gurunya bepergian. Makanya menurut hemat saya, daripada bepergian kemana-mana, lebih baik diberlakukan kembali kunjungan ke siswa-siswa. Karena ini cukup efektif sebelum nanti pengajaran tatap muka dibuka lagi,” ucap dia.

 Baca Juga: Gagas Perdamaian Dunia, Para Petinggi Sunda Empire Dihukum Lebih Ringan dari Tuntutan

Dalam skema tersebut, guru dapat membagi siswa di satu kelas dalam beberapa kelompok. Nantinya, setiap minggu, guru mengunjungi tiap-tiap kelompok siswa didampingi orang tuanya secara bergiliran. “Nanti di situ guru bisa memberi pemahaman pada siswa dan juga pada orang tuanya,” kata Fatma.

Dokter Anak

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X