Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Ketua Komisi X: Masih Banyak PR di Bidang Pendidikan

- 22 Oktober 2020, 13:51 WIB
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. /Instagram/syaifulhooda

PIKIRAN RAKYAT - Satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin masih belum banyak mengubah wajah Pendidikan di tanah air. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih berjibaku melakukan mitigasi krisis akademik maupun mitigasi kirisis ekonomi bidang pendidikan akibat pandemik Covid-19.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, belum banyak perubahan yang dilakukan Kemendikbud di bawah komando Menteri Nadiem Makarim selama satu tahun terakhir. 

 Baca Juga: Mantan Bintang IBL, Ali Budimansyah dan Lucky Pinontoan Jadi Pelatih Perbasi Kabupaten Bekasi

“Mas Menteri dan jajarannya tampaknya masih berjibaku mengatasi dampak Covid-19 di bidang Pendidikan yang memang memunculkan banyak persoalan,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Rabu, 21 Oktober 2020.

Dia menjelaskan, sebelum datangnya pandemi Covid-19, Kemendikbud memang telah meluncurkan Program Merdeka Belajar maupun Program Kampus Merdeka. 

Program tersebut menekankan pada perubahan paradigma belajar di mana satuan Pendidikan mempunyai keleluasaan lebih besar dalam memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

 Baca Juga: Terbongkar Fakta di Balik Rumah yang Sempat Disinggahi Cai Changpan Sebelum Tewas Bunuh Diri

“Namun program ini sepertinya belum sempat diterjemahkan secara regulatif di tataran impelementasi karena pandemic Covid-19,” ujarnya.

Huda menilai Program Merdeka Belajar yang berisikan empat program seperti penghapusan Ujian Nasional (UN), penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengantian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Zonasi PPBD yang lebih fleksibel belum sepenuhnya terimplementasi di lapangan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X