Dukung Unpad 'Ngapung' di Kancah Internasional, Ini Kata Ridwan Kamil

- 17 Oktober 2020, 19:53 WIB
PENYERAHAN dana abadi Ikatan Alumni (Ika) Unpad pada pihak rektorat Unpad oleh Ketua Ika Unpad Irawati Hermawan senilai Rp 200 juta disela-sela pelantikan kepengurusan baru Ika Unpad di Plaza Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Sabtu 17 Oktober 2020. /Pikiran-rakyat.com/Mochamad Iqbal Maulud

PIKIRAN RAKYAT - Melalui sambungan daring Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap kepengurusan baru Ikatan Alumni (Ika) Unpad mampu membantu Jawa Barat menjadi provinsi terdepan di Indonesia. Bahkan hingga terkenal di dunia baik Unpad sendiri maupun Jawa Barat pada umumnya.

"Sinergi dengan Ika Unpad harus langsung dilaksanakan demi menjadikan Jawa Barat sebagai tempat Unpad berada menjadi provinsi terdepan dan terbaik. Bahkan tetap membantu menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi juara lahir batin," kata Ridwan pada pelantikan kepengurusan Ika Unpad di Plaza Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Sabtu 17 Oktober 2020.

Rektor Unpad, Rina Indriastuti pun mengapresiasi terhadap kepengurusan baru tersebut yang menjadikan semangat baru bagi Unpad. Sehingga engagement UNPAD dengan para alumni sampai dengan mahasiswa, bisa ditancapkan tiangnya. 

 Baca Juga: Bersiap Ditegur Kerajaan usai Bicara Soal Pilpres AS, Pangeran Harry Disebut akan Pulang ke Inggris

"Pengurus alumni juga dapat bersinergi dalam penanganan Covid-19 serta meningkatkan reputasi dan rekognisi akademik di tingkat internasional demi 'Ngapungkeun Unpad' dan untuk memudahkan para alumni berkarier di tingkat Nasional maupun Internasional," ucapnya.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Ika Unpad periode 2020-2024 terpilih Irawati Hermawan. Menurut Ika Unpad harus 'Ngapung' dan dikenal mancanegara bahkan menurut Ika ada 10 universitas di Indonesia yang masuk radar dunia. Salah satunya adalah Unpad.

Ika juga menambahkan pelantikan pengurus Ika Unpad periode 2020-2024 dilakukan di Gedung Sate merupakan penghormatan kepada Jawa Barat sebagai provinsi tempat Unpad berdiri. "Gedung  Sate adalah ikon Jawa Barat, yang patut disejajarkan dengan semangat yang diusung para pendiri Unpad," ujarnya.

 Baca Juga: Catat Tanggalnya! Ini Jadwal Menkes Terawan Perdana Tampil di Hadapan Publik Penuhi Panggilan Golkar

Ira pun menyatakan bahwa kepengurusan Ika Unpad bersifat inklusif dengan memperhatikan keterlibatan perempuan. Tak hanya itu Ika Unpad pun memberikan ruang pada kaum disabilitas. "Pada kepengurusan ini kami sangat terbuka bagi alumni yang ingin berkiprah. Seperti kita ketahui jumlah keanggotaan yang lebih dari 180 ribu orang, kami berharap Ika Unpad selain menjadi aset Jawa Barat yang juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa," ujarnya.

Menurut Ira banyak program khusus pada kepengurusan baru ini. Di antaranya adalah dibuatnya Jabar Feeds Indonesia Centre (Jafic). Program ini lanjut Ira dikuatkan dengan bantuan alumni yang ahli dalam bidang agro-complex. "Jadi nantinya Jabar ini bisa membantu kebutuhan pangan di Indonesia secara masif," ucapnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X