Sambangi Rumah Siswa Terkendala Belajar Daring, Jadi Cara Guru MTs di Grobogan Jateng Lakukan KBM

- 3 Agustus 2020, 20:11 WIB
ILUSTRASI belajar.* /PEXELS

PIKIRAN RAKYAT - Muhammad Zaki Iqbal, guru MTs Al-Hidayah Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah rela naik turun bebukitan dan melewati jalan berliku untuk menyambangi rumah siswa untuk memberikan pembelajaran secara langsung. 

Zaki menuturkan, bahwa pandemi Covid-19 ini perlu disikap dengan terus berusaha survive, terutama di dunia pendidikan. 

Dikatakan Zaki, dirinya mencoba menerapkan Program Jogo Tonggo menjadi Jogo Siswa sebagai langkah solutif dalam kendala-kendala ketersediannya perangkat seperti handphone, laptop, sampai kuota internet dalam kegiatan belajar mengajar sistem daring.

Baca Juga: Persib Bersiap Hadapi Kembali Bergulirnya Kompetisi, Kim Kurniawan: Ada Target yang Bisa Dicapai

"Kita tidak bisa berdiam diri atas adanya Covid-19. Kita harus tetap survive. Proses pembelajaran dilakukan secara daring, memang itu solusi di saat pandemi. Namun, kita juga harus beradaptasi dengan kondisi yang ada di lapangan," ujarnya, Senin 3 Agustus 2020.

Di daerahnya, masih banyak siswa yang hidup di lingkungan keluarga yang tidak mampu. Selain itu, kondisinya yang bebukitan dan hutan membuat susah menangkap sinyal.

"Kondisi itulah kemudian kita berinisiatif selain daring bagai siswa yang memiliki perangkat dan sinyal, kita juga menyambangi siswa yang tidak mampu mengikuti secara daring," imbuhnya.

Baca Juga: Pantura Timur Tertinggi Kasus Covid-19 di Jateng, Dinkes: Mulai Optimalkan Koordinasi Tiap Wilayah

Sebagaimana diberitakan Semarangku.com sebelumnya dalam artikel "Jogo Tonggo Jadi Jogo Siswa, Guru di Grobogan Sambangi Rumah Siswa Demi Pembelajaran", Zaki menyambangi rumah beberapa siswa yang tidak mampu mengikuti daring tiap Sabtu dan Minggu.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Semarangku (PRMN)


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X