Berikut Tips agar Tak Terjadi Bencana akibat Jaringan Listrik

- 3 Agustus 2020, 11:53 WIB
Ilustrasi listrik, PLN, gardu listrik. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Prodi Teknik Elektro Universitas Widyatama (Utama) mengadakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan instalasi jaringan listrik yang aman. Pelatihan ini agar bisa menekan terjadinya kebakaran akibat kesalahan dalam instalasi listrik rumah tangga.

"Program ini hasil kerjasama dengan Baznas Kabupaten Bandung sebab kami melihat banyaknya kasus kebakaran akibat pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan," kata Ketua Program Studi Teknik Elektro Utama, Asep Suryana, di kantor Baznas Kabupaten Bandung, Senin 3 Agustus 2020.

Asep menambahkan, dalam pemasangan jaringan instalasi listrik baik di rumah maupun di industri sangat rawan terhadap terjadinya kecelakaan oleh potensi bahaya listrik.

Baca Juga: Alami Demam 3 Kali selama Pandemi Covid-19, Deddy Corbuzier Ajak Masyarakat Rajin Olahraga

"Kecelakaan bisa terjadi akibat adanya sentuh langsung dengan penghantar beraliran arus listrik atau kesalahan dalam prosedur pemasangan instalasi jaringan listrik yang dapat mengakibatkan terjadinya kejut arus listrik," ujarnya.

Kejut arus listrik ini dapat membahayakan manusia bahkan dapat menimbulkan kematian.

"Belum lagi dengan kasus kebakaran akibat adanya arus pendek listrik. Oleh karena itu, perlu diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan bahaya listrik serta tindakan keselamatan kerja," ujarnya.

Baca Juga: Curhat Ditolak Bekerja karena Foto dengan Presiden Jokowi, Ike Muti Beri Klarifikasi dan Minta Maaf

Beberapa penyebab terjadinya kecelakaan listrik di antaranya akibat kabel atau hantaran pada instalasi listrik terbuka dan apabila tersentuh akan menimbulkan bahaya kejut.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X