Anak Ingin Jumpai Teman-teman saat Pandemi Covid-19, Baiknya Larang atau Izinkan? Ini Kata Psikolog

- 30 Juli 2020, 09:55 WIB
Ilustrasi remaja. /Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Lama berdiam diri di rumah tentu bikin jenuh, bosan, bahkan mungkin stres. Khususnya bagi orang tua, yang memang juga harus mendampingi anak-anak yang sekolah dari rumah.

Namun, tak terlupakan juga, jika anak juga bisa jenuh, bosan, bahkan stres karena diam di rumah tanpa ada kesempatan untuk bercengkrama dan bermain dengan teman-temannya.

Apa yang sebaiknya dilakukan orangtua bila anak meminta izin untuk bertemu langsung dengan teman-temannya di tengah adaptasi kebiasaan baru saat pandemi Covid-19?

Baca Juga: Berhasil Tampil di Liga Champions Musim Depan, Manchetser United Optimis Datangkan Jadon Sancho

Psikolog Ajeng Raviando mengatakan, orangtua sebaiknya memberikan sedikit keleluasaan bila anak ingin bersosialisasi dengan teman sebaya, khususnya bila mereka sudah bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

loading...

"Anak praremaja biasanya sudah bisa atur diri sendiri bagaimana harus bersikap," kata Ajeng di bincang-bincang “Jaga Kesehatan, Belajar di Rumah, Bebas Stres" Frisian Flag, Rabu 29 Juli 2020.

Tak apa jika anak ingin bertemu teman-teman, namun pastikan mereka semua mengenakan alat pelindung seperti masker dan pelindung wajah untuk menekan risiko penyebaran virus. Ajari anak untuk selalu menjaga jarak dengan teman-temannya meski mereka bermain bersama.

Baca Juga: Khawatir Penularan Corona, Kemenag Bandung Imbau Warga Tak Takbir Keliling Jelang Idul Adha 2020

Cara lain yang bisa diterapkan adalah mengundang teman-teman anak ke rumah, tapi batasi jumlahnya. Terapkan protokol kesehatan secara tegas.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X