Evaluasi Pembelajaran selama Pandemi Covid-19, Kemendikbud Catat 79 Kabupaten dan Kota Langgar SKB

- 28 Juli 2020, 13:26 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Ainun Naim dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa 28 Juli 2020. /ANTARA/Indriani

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 79 kabupaten kota tercatat melanggar Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran untuk tahun ajaran di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Ainun Naim. Ainun mengatakan hasil evaluasi puluhan kota kabupaten tersebut melaksanakan pembelajaran belum sesuai SKB.

"Kami melakukan evaluasi dan menemukan sebanyak 79 kabupaten/kota yang pelaksanaan pembelajarannya belum sesuai dengan SKB," ujar Ainun dalam taklimat media di Jakarta, Selasa 28 Juli 2020.

Baca Juga: Direktur Persib Teddy Tjahjono Beberkan Rencana Komunikasi dengan Bobotoh Jelang Liga 1

Kemendikbud melakukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada awal tahun ajaran baru 2020/2021 maupun kesesuaian penerapan SKB empat menteri tersebut.

Sebanyak 79 kabupaten/kota tersebut terdiri dari 18 kabupaten/kota zona hijau, 39 kabupaten/kota zona kuning, 20 kabupaten/kota zona oranye, dan dua kabupaten/kota zona merah.

"Kami meminta agar kabupaten/kota yang pelaksanaan pembelajarannya belum sesuai dengan SKB diminta untuk segera menyelaraskan proses belajar-mengajar agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Baca Juga: Bukan Materi, Ini Keinginan Vokalis Elkasih El Ibnu yang Derita Stroke Sejak Tahun 2015

Ainun memberi contoh, di Pariaman yang merupakan daerah zona hijau dan melakukan pembelajaran tatap muka. Namun belakangan diketahui, seorang guru dan seorang operator yang mengajar terinfeksi Covid-19. Pemerintah daerah kemudian menghentikan pembelajaran tatap muka.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X