Kemendikbud Jaring 2.800 Guru Penggerak pada Tahun Ini, Berikut Sejumlah Tahapan Serta Waktunya

- 13 Juli 2020, 21:30 WIB
ILUSTRASI guru SMA/SMK.*/DEWIYATINI/PR /Dewiyatini

PIKIRAN RAKYAT - Merdeka Belajar episode 5 dengan tema Guru Penggerak akan menjaring 2.800 guru pada tahun 2020. Guru-guru yang terjaring itu akan disiapkan sebagai pemimpin yang diarahkan untuk mentransformasi dunia pendidikan dengan berorientasi kepada siswa.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Iwan Syahril mengatakan, Guru Penggerak merupakan program untuk mencari bibit pemimpin yang diharapkan menjadi teladan bagi muridnya.

Guru Penggerak dikatakannya tidak hanya memahami murid saja, tapi juga bisa mempraktikkan pembelajaran yang berpusat kepada murid untuk tumbuh kembang secara holistik.

Baca Juga: Ilmuwan Tiongkok Temukan Partikel Penyebab Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

"Kenapa fokusnya kepada pembelajaran? Karena memang masalah pembelajaran sudah beberapa dekade belum meningkat cukup baik. Jadi, fokus pada Guru Penggerak ini adalah mencari bibit pemimpin untuk ekosistem pendidikan di masa depan," katanya dalam diskusi melalui webinar, Senin 13 Juli 2020.

loading...

Menurutnya, pelatihan guru akan tidak berfungsi bila tidak berdampak kepada murid. Oleh sebab itu, Guru Penggerak diharapkan menghasilkan guru yang bisa menjadi pemimpin dan menghasilkan transformasi kepemimpinan di dunia pendidikan untuk kepentingan siswa.

Pembukaan pendaftaran bagi calon guru penggerak akan berlangsung pada 13 Juli - 22 Juli 2020. Pada tahap pertama ini, akan dijaring 2.800 orang sebagai guru penggerak.

Baca Juga: Bantah Raffi Ahmad Main Tangan, Nagita Slavina: Emak Bapak Gue Aja Nggak Pernah Mukulin

Seleksi tahap pertama akan berlangsung 23 Juli - 30 Juli. Seleksi tahap pertama itu dilakukan dengan menjaring proses registrasi, esai, analisis studi kasus dan tes bakat skolastik.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X