Simak 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Beserta Tahapannya

- 1 Desember 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi mahasiswa dan perguruan tinggi.
Ilustrasi mahasiswa dan perguruan tinggi. /Pixabay/Elly

PIKIRAN RAKYAT - Tim persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 mengumumkan tahapan pendaftaran, Kamis, 1 Desember 2022. Serangkaian proses tahapan pendaftaran itu akan berlangsung mulai Januari 2023.

Ketua Umum Tim Persiapan SNPMB 2023 Mochamad Ashari mengatakan, dalam proses masuk perguruan tinggi negeri kali ini, terdapat 3 jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan jalur Seleksi Mandiri.

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

“Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%,” kata Ashari.

Baca Juga: Sony akan Buat Film Biografi untuk Legenda Seni Bela Diri Bruce Lee

Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, ujarnya, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Ia menambahkan, peserta SNBT harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Untuk mengikuti UTBK dikenai biaya pendaftaran. 

Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023. Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.

Baca Juga: Dinilai Amburadul, Pengelolaan Aset Daerah Tasikmalaya Mendapat Sorotan

Registrasi

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x