Sejarah Hari Guru Nasional yang Diperingati Setiap 25 November

- 21 November 2022, 08:31 WIB
Ilustrasi Hari Guru Nasional.
Ilustrasi Hari Guru Nasional. /Antara/Novrian Arbi

PIKIRAN RAKYAT – 25 November setiap tahunnya diperingati Hari Guru Nasional. Penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional berawal dari kebijakan di zaman Presiden Soeharto.

Tepatnya yaitu melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Maka, sejak 25 November 1994 di Indonesia selalu diperingati Hari Guru Nasional, sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan bagi pengabdian dan jasa para guru yang melayani kebutuhan pendidikan di Indonesia.

Meskipun ditetapkan melalui Keputusan Presiden pada 25 November, namun terdapat sejarah mengapa 25 November menjadi Hari Guru Nasional.

Hal ini dilatarbelakangi oleh terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang kemudian berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 1912.

Baca Juga: Mengenal Muhammad Al Fatih, Perjalanan Panjang Penakluk Konstantinopel

PGHB memkelopori perkembangan organisasi guru yang lain pada saat itu, seperti Perserikatan Guru Desa, Perserikatan Normaalschool, dan masih banyak lagi.

Dibentuknya PGHB ini bertujuan untuk memajukan dan memperjuangkan nasib para anggotanya yang diisi oleh orang dari latar belakang serta latar pendidikan yang tentunya berbeda-beda.

Selain itu, kesadaran kebangsaan serta semangat perjuangan yang tumbuh sejak lama, mendorong para guru pribumi untuk memperjuangkan posisi dan hak mereka dengan orang-orang Belanda.

Perjuangan ini dianggap sukses setelah Kepala Hollandsch Inlandsche School (HIS), setingkat SD, diganti oleh orang Indonesia setelah sebelumnya selalu dijabat orang Belanda. Posisi-posisi lain di sekolah-sekolah Belanda kemudian mengikuti tren ini.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x