Keseimbangan Hardskill dan Softskill Jadi Ciri Utama Kurikulum SMK Agar Selaras dengan DUDI

- 1 Juli 2020, 14:19 WIB
ILUSTRASI SMK.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sakarinto menegaskan, keseimbangan kompetensi antara hardskill dan softskill menjadi ciri utama dari kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke depan. Oleh sebab itu, diperlukan ‘pernikahan massal’ dengan para pelaku Dunia Usaha dan Industri (DUDI).

“Guru tidak semata mengajar, tapi juga menjadi mentor. Menjadi pembimbing dalam sebuah proyek tertentu. Misalnya, dalam menggambar sebuah karya arsitektur, guru menjadi fasilitator, mengamati apa yang dikerjakan murid,” ujar Wikan dalam Webinar Peluncuran Program Up-skilling dan Re-skilling Guru Kejuruan SMK dan Bantuan Pemerintah Bidang Kemitraan dan Penyelarasan dengan DUDI, Rabu, 1 Juli 2020.

Ia menegaskan, anak-anak harus dipastikan masuk ke SMK karena minat, bakat dan keinginannya sendiri. Bukan terpaksa akibat tidak diterima di SMA.

Baca Juga: Kesepakatan Ganti Rugi Lahan Tak Kunjung Usai, Warga Terdampak Bandara YIA Layangkan Surat Keberatan

“Juga bukan hanya berharap bisa langsung dapat kerja setelah lulus. Harus ada semangat belajar dan mencintai apa yang dipelajarinya di SMK,” katanya.

loading...

Ekosistem

Sementara pada sesi talkshow, Wakil Ketua Komite Tetap Pelatihan Ketenagakerjaan KADIN Indonesia, Miftahudin mengatakan, penguatan ekosistem menjadi salah satu keberhasilan dari ‘Pernikahan Massal’ pendidikan vokasi dengan DUDI. Menurut dia, setiap sektor industri sendiri memiliki ritme yang berbeda-beda.

"Laju perubahan setiap industri tidak sama. Maka dari itu, dalam penyiapan SDM perlu juga untuk menguatkan ekosistem pendukungnya. Ekosistem ini dalam bentuk lembaga dan cara kerja. Diharapkan dengan ekosistem yang kondusif, mampu menjawab tantangan di dunia kerja," ucapnya

Baca Juga: Beberapa Isu Lingkungan Mencuat, Sektor Pariwisata Harus Berbenah

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X