Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Format Digital Disediakan

- 9 Agustus 2022, 11:54 WIB
Ilustrasi:  Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan SDM unggul.
Ilustrasi: Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan SDM unggul. /Pikiran Rakyat/Yulistyne

PIKIRAN RAKYAT - Bahan ajar telah disiapkan bagi guru dan sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka. Bahan-bahan tersebut disediakan dalam format digital sehingga dapat diunduh.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wartanto mengatakan, bahan-bahan tersebut disediakan untuk mendukung kemudahan sekolah dan guru menerapkan Kurikulum Merdeka.

Bahan-bahan tersebut dapat diunduh di laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id.

Wartanto menerangkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka yang masih baru membuat masih ada sekolah atau guru yang belum begitu familiar. Oleh karena itu, dalam penerapannya satuan pendidikan dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan sarana prasarana sesuai kondisi sekolah.

Baca Juga: Penyebab Google Down dan Sulit Diakses Terungkap, Diduga karena Ini

"Jadi, tidak perlu memaksakan diri dengan mengadakan sarana prasarana yang mengada-ngada. Itu jelas tidak benar. Tahun ini dan tahun depan (2023) belum wajib sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka. Tahun 2024 mendatang, baru sekolah harus mampu menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi sekokah dan kemampuan guru," ujar Wartanto, Senin 8 Agustus 2022.

Ia menambahkan, implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang di masa depan.

Salah satunya dengan cara memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih materi ilmu yang ingin mereka dalami.

Baca Juga: Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara 17 Agustus Singkat dan Terbaru

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network