Tugas Guru Bukan Hanya Mengajar, Harus Juga Bisa Refleksikan Pengalaman Mengajarnya

- 5 Agustus 2022, 21:50 WIB
Ilustrasi. Dr. Sururi menilai, di tengah perkembangan teknologi informasi, menulis menjadi cikal bakal perkembangan pengetahuan dan wawasan guru.
Ilustrasi. Dr. Sururi menilai, di tengah perkembangan teknologi informasi, menulis menjadi cikal bakal perkembangan pengetahuan dan wawasan guru. /Pexels/Thirdman

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah kemajuan teknologi informasi tenaga pendidik atau guru dituntut turut memanfaatkan teknologi informasi dengan menulis karya ilmiah.

Selain untuk membantu pengajaran, penulisan inipun penting untuk merefleksikan sekaligus membagikan pengalaman mengajar yang baik kepada guru yang lain.

Ketua Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Sururi, menuturkan hal itu pada awak media, Jumat 5 Agustus 2022.

"Di tengah perkembangan teknologi informasi, menulis menjadi cikal bakal perkembangan pengetahuan dan wawasan guru," katanya.

Baca Juga: Tangis Pilu Adik Bocah di Ciamis yang Tewas Gegara HP Meledak, Jeritan Minta Tolongnya Tak Dipahami Sang Nenek

Tak hanya itu, motivasi menulis karya ilmiah bagi guru pun menjadi suatu hal yang akan menunjang penguasaan kompetensi profesional guru, khususnya penguasaan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing.

Bahkan, karier atau jabatan guru pun dapat meningkat seiring peningkatan keterampilan guru dalam menghasilkan karya tulis yang banyak dan berkualitas.

"Jadi tugas guru bukan hanya mengajar, tetapi harus juga bisa merefleksikan pengalaman mengajarnya dan membagikan pengalaman mengajar. Jadi sangat penting bagi guru untuk bisa menulis dalam bentuk artikel ilmiah," ujarnya.

Terkait hal penulisan ilmiah, pihaknya pun telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang diikuti 125 guru pada 22 Juli kemarin di Pangandaran. Kegiatan tersebut menyosialisasikan pentingnya menulis karya ilmiah.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network