Kakak Kelas Dilarang Jadi Penyelenggara MPLS, Ini Alasannya

- 18 Juli 2022, 15:23 WIB
Ilustrasi MPLS.
Ilustrasi MPLS. /Antara/Indrianto Eko Suwarso

PIKIRAN RAKYAT - MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang biasa dilakukan setiap awal tahun ajaran baru.

Direktur Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mulyatsyah mengatakan, kunci dari MPLS adalah memberikan pengenalan terhadap lingkungan dan situasi satuan pendidikan dengan cara-cara menyenangkan, tanpa adanya perpeloncoan.

“Kunci di dalam masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini adalah bagaimana anak-anak memahami lingkungan situasi yang baru dengan suasana hati yang menyenangkan, dengan narasi-narasi kegiatan yang dibuat dalam bentuk kreativitas sehingga anak-anak kita yang baru memasuki tahap awal pada lingkungan sekolah yang baru itu merasa nyaman dan menyenangkan,” ujarnya dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman Kemendikbud pada 18 Juli 2022.

Mulyatsyah mengingatkan, guru-guru harus bisa lebih dominan dalam MPLS ketimbang para siswa senior sesuai dengan ketentuan yang ada.

Baca Juga: Google Manut Regulasi Kominfo, Akan Daftar PSE karena Terancam Diblokir

Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya senioritas atau perpeloncoan pada saat MPLS berlangsung.

MPLS dilangsungkan selama 3 hari selama jam pelajaran sekolah. Lantas, apa manfaat dari diselenggarakannya MPLS?

Tujuan MPLS adalah memperkenalkan situasi lingkungan sekolah dan mengenali potensi siswa-siswi baru.

Menurut Direktur SMK Kemendikbud, M. Bakhrun, MPLS harus dilaksanakan semenarik mungkin agar tidak membuat jenuh para peserta didik baru untuk menyimak materi-materi yang disampaikan.

Bakhrun menambahkan, MPLS SMK juga harus dapat memberikan wawasan tentang program keahlian yang ada di sekolah tersebut.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: Kemendikbud

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x