Unpad dan Unisba Belum Pastikan Waktu Mahasiswa Kembali ke Kampus

- 29 Mei 2020, 13:20 WIB
ILUSTRASI kuliah daring (online), work from home, bekerja dari rumah.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Universitas Padjadjaran (Unpad) belum berencana mengadakan kegiatan belajar mengajar kembali di kampus menyusul kondisi normal baru (new normal) yang ditetapkan pemerintah mulai 1 Juni 2020. Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi mengatakan, perkuliahan semester genap 2019/2020 masih akan diteruskan dalam bentuk pembelajaran jarak jauh.

Sesuai dengan keputusan Rektor Unpad, ujian akhir semester tetap akan diberlakukan dengan sistem daring. "Kampus akan dibuka terbatas hanya untuk penyelesaian tugas akhir dan praktikum secara selektif," ucap Dandi kepada Pikiran-Rakyat.com, Jumat 29 Mei 2020.

Oleh karena itu, Dandi menegaskan, kabar yang beredar bahwa kampus akan dibuka pada awal Juni adalah informasi tidak benar. Unpad pun belum memastikan kegiatan belajar mengajar semester depan atau semester ganjil 2020/2021 akan dilaksanakan secara tatap muka atau masih secara daring. Hal itu masih perlu dirapatkan oleh pihak Unpad. 

Baca Juga: Gelagatnya Aneh, Seorang Pria Diduga Bunuh Diri dengan Menceburkan ke Laut

Universitas Islam Bandung (Unisba) juga belum dapat memastikan, apakah kegiatan belajar mengajar di kampus sudah bisa dilaksanakan pada semester ganjil 2020/2021. Rektor Unisba Edi Setiadi masih perlu mempertimbangkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menentukan sistem pembelajaran semester ganjil 2020/2021. Untuk semester genap 2019/2020 yang sedang berjalan saat ini, akan terus diterapkan kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Meski demikian, khusus untuk karyawan, Edi menetapkan kebijakan berbeda. Karyawan Unisba, dari kepala unit hingga staf, sudah dapat masuk kerja dalam waktu dekat. Edi pun telah membuat tata cara kerja dalam kondisi normal baru, diantaranya harus menjaga jarak satu meter antar pekerja dan pegawai yang sedang sesak nafas dilarang masuk kerja.

Baca Juga: Pelayanan Tetap Berjalan, 120 Petugas Kebersihan Kota Cimahi Jalani Swab Test

Terkait waktu bagi karyawan masuk kerja, Edi menunggu surat keputusan Wali Kota Bandung terkait kondisi normal baru. Apabila Wali Kota Bandung menetapkan kondisi normal baru pada 1 Juni 2020, maka karyawan akan masuk kerja pada waktu tersebut. Apabila 1 Juni 2020, Bandung belum diterapkan kondisi normal baru, maka waktu masuk kerja karyawan Unisba pun akan mengikuti kebijakan Wali Kota Bandung. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X