Rabu, 27 Mei 2020

Pandemi Covid-19, PPDB SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat Melalui Daring

- 18 Mei 2020, 12:05 WIB
ILUSTRASI PPDB di Jawa Barat.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat siap dilaksanakan, namun  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kini dengan melalui daring (dalam jaringan). Diharapkan  pendaftaran tahun sekarang lebih mudah, sebab dilaksanakan seluruhnya melalui daring.

"PPDB  dibuka dalam dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020," kata Sekretaris Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kota Bandung, Rifa Anggyana, saat dihubungi, Senin 18 Mei 2020.

Baca Juga: Ironis, Tinggal di Gubuk Reyot Tanpa Listrik Mak I'ah Sedih Tetangga yang Mampu Justru Dapat Bantuan

PPDB secara daring merupakan langkah yang baik dan paling tepat di tengah pandemi Covid-19. Sebab, katanya, orang tua dan siswa tidak harus berangkat ke sekolah yang diinginkan, sehingga tidak adanya kerumunan sesuai dengan imbauan pemerintah dan protokol kesehatan.

Langkah PPDB ini telah dilakukan seperti halnya kegiatan belajar mengajar secara daring, yang sudah berlangsung selama hampir tiga bulan. "Demikian juga dengan PPDB bisa dilaksanakan secara daring, sehingga peserta didik dan orang tua siswa tetap di rumah" jelasnya.

Baca Juga: Viral Anak Berkebutuhan Khusus Berjualan Di-bully, Dedi Menangis dan Berkata 'Saya Dulu Jualan Es'

Namun, kesiapan infrastruktur harus dibangun sebab belum meratanya akses internet di daerah. "Belum lagi harus ada upaya  memperkuat jaringan teknologi informasi yang menjadi kendala selama ini," kata Rifa yang juga Guru SMA Negeri 1 Bandung.

Rifa menambahkan, Dinas Pendidikan Jawa Barat harus mampu mengantisipasi hal ini, setidaknya dapat memberikan kepastian kepada orang tua dan peserta didik. "Dengan sistem teknologi informasi yang baik mendukung PPDB secara daring sesuai aturan yang berlaku," ujarnya. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X