Sabtu, 30 Mei 2020

Perubahan Dunia di Tengah Pandemi Sangat Cepat, Butuh 7 Kondisi untuk Membentuk Manusia Unggul

- 8 Mei 2020, 17:35 WIB
LOGO UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT – Mantan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Sunaryo Kartadinata,  menyebutkan pendidikan harus sangat berperan menyiapkan manusia menghadapi perubahan dunia, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu, perlu dibangun tujuh kondisi dalam membentuk manusia unggul, yang akan hidup pada era 2045 di Indonesia.

Ketujuhnya adalah misi  pendidikan, keutuhan mindset pendidikan, strategi kebudayaan, pendidikan kehidupan nyata, karakter dan budaya damai, guru pemikir dan kepemimpinan pedagogis transformatif.

Baca Juga: Info Ramadhan 1441 H, Tradisi Unik Bulan Puasa di Kuwait, Festival Gergean yang Mirip Halloween

“Jika 7 kondisi tersebut telah kokoh, maka pada tahun 2045 nanti kita akan menjadi bangsa pendidikan, bangsa inovasi dan generasi emas, “ kata Sunaryo, dalam Webinar Pena Bakti bertema “Pendidikan untuk Indonesia Emas 2045”, Jumat, 8 Mei 2020.

 Ketua Ikatan Alumni (IKA) UPI Dr (HC). Enggartiasto Lukita pun menekankan, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19, banyak hal baru yang harus disesuaikan.

Misalnya dengan metode pembelajaran dan tuntutan dalam dunia kerja. Perubahan orientasi dalam pendidikan mutlak harus dilakukan.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Info Nakes RSUD Purworejo Ditagih Biaya Hotel Rp 150.000 per Malam

“Sebagai anak bangsa, semuanya harus  saling bersatu bahu-membahu memajukan negeri ini tanpa harus memandang perbedaan agama, ras, suku dan sikap politik,” kata mantan Menteri Perdagangan ini, dalam webinar yang sama.

Di sisi lain,  Prof. Nizam mengungkap senada. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud ini menjelaskan,  arah kebijakan dan strategi pemerintah untuk pemerataan pendidikan yang berkualitas memang ditujukan untuk membentuk manusia Indonesia nan berkulitas. 

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X