Sabtu, 30 Mei 2020

PPDB Kota Bandung 2020, Penilaian Jalur Prestasi Mengacu pada Nilai Rapot

- 4 Mei 2020, 13:54 WIB
Ilustrasi orangtua dan siswa saat melakukan pendaftaran PPDB. //PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Penilaian seleksi jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2020 akan berpatokan pada nilai rapot. Untuk PPDB tingkat Sekolah Menengah Pertama, nilai rapot yang dijadikan patokan penilaian yakni nilai rapot kelas 4, 5, 6 SD semester 1.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan, mata pelajaran yang diambil nilainya yakni Pendidikan Agama, Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika. Selain itu, nilai rata-rata mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya, Prakarya dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Kuota jalur prestasi berdasarkan nilai rapot mendapat porsi sebanyak 60 persen dari total keseluruhan kuota prestasi. Sisanya 40 persen diperuntukkan bagi jalur prestasi berdasarkan perlombaan atau penghargaan. Prestasi bisa pada bidang akademik maupun nonakademik tingkat internasional, nasional, provinsi, kabupaten dan kota.

Baca Juga: Pemprov Jabar Luncurkan Aplikasi Covid-19, Bisa Pendampingan Virtual dan Manajemen Stres

"Diprioritaskan perlombaan yang diselenggarakan Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Pemuda dan Olahraga," kata Cucu kepada "PR", Senin 4 Mei 2020.

Siswa yang mendaftar pada jalur prestasi bisa memilih dua sekolah negeri di dalam maupun di luar wilayah zonasi. Adapun, kuota jalur prestasi dalam PPDB 2020 sebanyak 25 persen.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X