TVUPI Mengudara, Masyarakat Bisa Bersiaran Langsung dengan Gawai Sendiri

- 28 April 2020, 15:36 WIB
KRU TVUPI mempersiapkan tayangan untuk ditayangkan di TVUPI yang berbasis digital, di Kampus UPI, Selasa 28 April 2020. * /RANI UMMI FADILA/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan televisi berbasis digital, TVUPI, Selasa 28 April 2020. Meski TVUPI dikelola oleh universitas, masyarakat luas bisa berpartisipasi dalam memberikan tayangan yang bertema pendidikan.

Kepala Humas UPI Deni Darmawan mengatakan, sesuai dengan tujuan pembuatannya mengedepankan tri darma pendidikan, TVUPI tidak berorientasi profit. TVUPI yang berbasis digital akan ditayangkan di laman humas.upi.edu. Selain itu, TVUPI bisa diakses di media sosial dan kanal youtube UPI.

Hal yang membedakan TVUPI dengan TV digital lain, yakni masyarakat bisa berpartisipasi mengirimkan tayangan. Bahkan, berpartisipasi melakukan siaran langsung.

Baca Juga: Dari Buah-buahan hingga Jaringan Internet, 26 dari 34 Tenaga Medis Sembuh dari Covid-19

"Misalnya kalau Pak Gubernur Ridwan Kamil mau menyiarkan kegiatannya, beliau bisa bersiaran langsung dengan gawai sendiri. Nanti tayang di TVUPI," kata Deni di Kampus UPI, Selasa 28 April 2020.

Tak hanya pejabat, masyarakat umum pun boleh mengajukan diri untuk memberikan tayangan secara langsung. Masyarakat tingggal mengunduh aplikasi yang ada di laman humas.upi.edu untuk bisa berpartisipasi bersiaran langsung atau memberikan konten tayangan.

Masyarakat perlu mengingat tema besar yang diangkat TVUPI yaitu pendidikan, baik pendidikan formal maupun nonformal. "Pendidikan bisa pendidikan keuangan, pemerintahan dalam negeri, keperawatan dan lainnya," ucap Deni.

Baca Juga: Derita Petani Majalengka, Gabah Tak Laku Harga Terus Merosot

TVUPI juga akan menayangkan konten-konten internal UPI, seperti kegiatan dosen dan mahasiswa, seminar, penelitian dan lainnya. Untuk menayangkan konten internal, Humas UPI telah menyiapkan kru produksi dan satu ruang studio. Selain kru produksi, semua sivitas akademika UPI bisa berkontribusi dalam memberikan tayangan untuk TVUPI, diantaranya alumni, tata usaha, dosen, mahasiswa hingga orangtua mahasiswa.

Dikatakan Deni, pendirian TVUPI terinspirasi dari kehadiran TV edukasi yang dulu dibuat oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Deni pun pernah terlibat dalam produksi TV Edukasi. Namun, TV Edukasi kini tak lagi tayang.

Oleh karena itu, Deni berharap, TVUPI dapat menghadirkan kembali sebuah televisi yang mengedepankan tayangan-tayangan pendidikan. Mengingat, tayangan pendidikan kurang didapat dari stasiun TV komersil.

Baca Juga: Ambil Sample Pasien, Tenaga Medis di Kota Sukabumi Terpapar Covid-19

"Selain itu, kami ingin menajegkan kembali filosofi masyarakat tentang perlunya pendidikan dalam segala bidang," ucap Deni.

Dia pun yakin sejumlah dosen UPI telah memahami proses produksi tayangan televise, karena pernah terlibat dalam TV Edukasi buatan Kementerian Riset dan Teknologi. Untuk menarik minat kalangan minenial menonton TV berbasis pendidikan ini, TVUPI juga akan menyiarkan tayangan-tayangan hiburan bertema kuliner dan cerita perjalanan. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X