Jumat, 29 Mei 2020

Satu Mahasiswa Unpad Jadi Sarjana Lewat Sidang Skripsi Daring

- 1 April 2020, 15:43 WIB
ILUSTRASI kuliah daring (online), work from home, bekerja dari rumah.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Saat pandemi virus corona, tak hanya kegiatan belajar saja yang dilakukan secara daring, tetapi juga sidang skripsi. Seperti yang dilakukan Program Studi Biologi Universitas Padjadjaran.

Ada satu mahasiswa program studi Biologi yang lulus sarjana dengan sidang skripsi secara daring pada Selasa 31 Maret 2020. Dosen Biologi Unpad Budi Irawan mengatakan, mahasiswa tersebut bernama Naufalni Anwar.

Naufalni menulis skripsi dengan judul “Uji Tuberkulosis terhadap Resistensi Rifampisin dan Obat Antituberkulosis Lainnya dengan Metode Tes Cepat Molekuler dan Mycobacterium Growth Indicator Tube”.

Baca Juga: Kemenag RI Bantah Kabar Arab Saudi Tunda Rencana Ibadah Haji 2020

Skripsi dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing dan penguji melalui aplikasi telekonferensi Zoom. Dosen pembimbing skripsi antara lain Mia Miranti dan Annisa. Sementara dosen penguji terdiri dari Teguh Husodo, Tatang S. Erawan, dan Ida Indrawati.

“Sidang terbagi menjadi 3 sesi untuk menyiasati batasan waktu telekonferensi pada Zoom, yaitu 40 menit,” ujar Budi melalui siaran pers yang diterima "PR", Rabu 1 April 2020.

Sesi pertama, diisi dengan persiapan dan tanya jawab pembimbing. Sesi dua diisi dengan tanya jawab tim penguji, sedangkan pada sesi ketiga para dosen berembuk untuk menentukan penilaian hingga membacaan yudisium. Dalam sidang daring tersebut, Naufalni dinyatakan lulus dengan hasil yudisium “sangat memuaskan”.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Prihatin Banyak Jenazah Pasien Covid-19 Ditolak Warga

Meski dilakukan secara daring, aktivitas sidang tetap mengutamakan tata tertib. Mahasiswa tetap berpakaian rapi dan menggunakan jas almamater saat menjalani sidang.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi mengatakan, Unpad memberlakukan aturan pelaksanaan sidang skripsi secara daring selama masa perpanjangan status keadaan darurat virus corona di Indonesia.

Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi menyerahkan teknis pelaksanaan dan penilaian sidang skripsi kepada fakultas dan program studi. Hampir semua fakultas menyatakan sidang skripsi berlangsung sesuai jadwal.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X